FA Bakal Usut Perkara Dugaan Pelecehan Rasisme Kepada Sterling

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 09 Desember 2018 - 23:45:00 WIB
FA Bakal Usut Perkara Dugaan Pelecehan Rasisme Kepada Sterling
Pemain Manchester City Raheem Sterling (kiri). (Foto: ADRIAN DENNIS/AFP)

LONDON, iNews.id - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) menyatakan bakal memeriksa kasus dugaan pelecehan rasisme yang diterima Pemain Manchester City Raheem Sterling. Perlakuan tidak menyenangkan itu diterima Sterling ketika timnya dikalahkan Chelsea 0-2 pada pekan ke-16, Premier League di Stamford Bridge, Minggu (9/12/2018) dini hari WIB.

Pada pertandingan itu, Sterling terlihat mendapat teriakan dari pendukung Chelsea, yang diduga mengandung ucapan rasisme. Akibat kejadian itu, FA bakal melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari fakta sesungguhnya.

“Kami menganggap seluruh tuduhan diskriminasi dengan sangat serius. Kami akan bekerja sama dengan pihan klub serta otoritas terkait untuk memastikan perkara ini ditangani selayaknya,” tulis pernyataan FA, seperti dikutip Sky Sports.

“Kami mengecam segala bentuk  diskriminasi. Oleh sebab itu, kami mengajak pendukung serta partisipan yang menjadi korban atau saksi untuk melaporkan tindakan diskriminasi kepada pihak terkait,” lanjut pernyataan FA itu.

Chelsea selaku tuan rumah pertandingan berjanji untuk menegakkan keadilan, jika memang tuduhan diskriminasi itu terbukti. Selain itu, pihak kepolisian Metro London juga menyatakan bakal turun tangan apabila ada tindakan kriminal yang terbukti dilanggar.

Kejadian rasisme kepada Sterling itu bukan yang pertama kali terjadi di ranah sepak bola Inggris. Sebelumnya, pihak kepolisian telah menangkap seorang oknum pendukung Tottenham Hotspur yang terbukti melakukan pelecehan rasisme, Minggu (2/12/2018). Dia terbukti melemparkan kulit pisang kepada pemain Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang sebagai bentuk hinaan.

Editor : Haryo Jati Waseso