FA Segera Perpanjang Kontrak Gareth Southgate

Syukron Fadillah ยท Kamis, 02 Agustus 2018 - 13:20 WIB
FA Segera Perpanjang Kontrak Gareth Southgate

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) segera memperpanjang kontrak Gareth Southgate sebagai pelatih kepala timnas Inggris. (Foto: Sky Sports)

LONDON, iNews.id - Federasi Sepak Bola Inggris (FA) segera memperpanjang kontrak Gareth Southgate sebagai pelatih kepala timnas Inggris. Mantan pelatih dan pemain Middlesbrough itu kemungkinan akan tetap menangani Harry Kane dkk hingga Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kontrak Southgate bersama Tiga Singa sejatinya masih tersisa dua tahun. Akan tetapi, FA terkesan dengan pencapaian Inggris di Piala Dunia 2018 di bawah asuhan Southgate. Meskipun Inggris gagal melaju ke babak final dan kalah dari Belgia di perebutan tempat ketiga.

Semula, FA mempersiapkan Southgate sebagai pelatih sementara menggantikan Sam Allardyce untuk Piala Dunia di Rusia dan Piala Eropa 2020. Namun, berdasarkan hasil bagus tersebut FA menilai Southgate layak untuk dipertahankan.

Namun, pembicaraan belum dapat berlangsung karena Southgate masih menjalani liburan. Untuk itu, pembicaraan akan digelar pekan depan dan bukan tidak mungkin pertemuan tersebut bakal membawa Southgate tetap sebagai pelatih Inggris di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sementara, Presiden FA Martin Glenn menegaskan urusan timnas Inggris di bawah besutan Southgate belum selesai. Dia berambisi menjadikan The Three Lions duduk lebih dari posisi empat besar dunia.

"Gareth sangat bagus dan kami ingin dia tetap menukangi timnas melewati 2020. Saya pikir kami berdua (Southgate) berpikir hal yang sama," kata Glenn dikutip Sky Sports, Kamis (1/8/2018).

"Tolok ukur selalu menjadi pertanyaan dan kami pun tidak akan pernah bersaing dengan Premier League untuk urusan pembayaran. Semua orang tahu itu," ucapnya.

Berkat kinerjanya bersama timnas Inggris, Southgate kini masuk sebagai kandidat pelatih terbaik FIFA 2018. Diketahui, saat ini Southgate mendapat bayaran dua juta poundsterling per tahun dan kemungkinan bakal meningkat usai pertemuan dengan FA terwujud.

"Gareth sedang dalam penjelajahannya. Dia sangat mencintai Piala Dunia dan sedang membangun keyakinan dapat melangkah lebih jauh. Karena itu pula, dia dan Steve Holland (asisten pelatih) sangat termotivasi," ungkapnya.


Editor : Achmad Syukron Fadillah