Liga Champions

Frenkie De Jong: Real Madrid Menang Karena Dibantu VAR

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 14 Februari 2019 - 09:11 WIB
Frenkie De Jong: Real Madrid Menang Karena Dibantu VAR

Pemain Ajax Amsterdam Frenkie De Jong tengah berlaga ketika timnya kalah dari Real Madrid 1-2 di Johan Cruijf Arena, Kamis (14/2/2019). (Foto: JOHN THYS/AFP)

AMSTERDAM, iNews.id – Gelandang Ajax Amsterdam Frenkie De Jong jengkel timnya kalah 1-2 dari Real Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Johan Cruijff Arena, Kamis (14/2/2019) dini hari WIB. Menurutnya, kemenangan Los Blancos tercipta karena ditolong Video Assistant Refferee (VAR).

Pada laga tersebut, tuan rumah sempat membuka keunggulan kala pertandingan bergulir 37 menit. Menerima umpan sepak pojok, Matthijs De Ligt menanduk bola, namun bisa ditepis kiper Madrid, Thibaut Courtois.

Bola muntah langsung disundul Nicolas Tagliafico yang sukses menggetarkan gawang tim tamu. Sayang, wasit asal Slovenia Damir Skomina menganulir gol tersebut setelah melihat tayangan VAR.

Dia menganggap saat De Ligt menyundul, bola mengenai kaki pemain Ajax lainnya, Dusan Tadic sebelum ditepis Courtois. Kebetulan, Tadic ketika itu tengah berada dalam posisi offside.

Selain itu, Tadic juga terlihat menghalangi Courtois saat Tagliafico menyundul bola. Dengan begitu, Skomina tak ragu membatalkan gol tersebut dan melanjutkan pertandingan. Namun, banyak pihak menganggap gol tersebut sah termasuk De Jong.

Menurutnya, tidak ada unsur pelanggaran sedikit pun pada proses terjadinya gol itu. “Kami sudah bermain dengan baik sebagai sebuah tim. Sayang sekali gol kami dianulir. Mungkin hal seperti itu mudah dilakukan untuk mendukung klub besar (Madrid),” kata De Jong kepada NOS.

“Tapi setelahnya, kami tak putus asa menyerang dan tetap konsisten bermain baik. Tapi sayangnya kami tetap gagal meraih hasil positif,” ujar gelandang yang akan berseragam Barcelona musim panas nanti.

Pemain 21 tahun itu menambahkan bakal membalas kekalahan tersebut pada pertemuan kedua di Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019). Jika ingin lolos ke perempat final, Ajax minimal harus menang dengan keunggulan dua go.

“Di Spanyol, kami harus bermain dengan cara yang sama seperti dilakukan di kandang dengan keberanian dan keyakinan. Belum ada yang lolos. Madrid akan merasakan lebih banyak tekanan di depan para penggemar mereka sendiri,” tuturnya.

Pada laga tadi, satu gol tuan rumah dibukukan Hakim Ziyech pada menit ke-75. Sedangkan dua gol Los Blancos dicetak Karim Benzema (60) dan Marco Asensio tiga menit jelang waktu normal usai.


Editor : Haryo Jati Waseso