Gantikan Lippi, Cannavaro Resmi Latih Timnas China

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 16 Maret 2019 - 10:50 WIB
Gantikan Lippi, Cannavaro Resmi Latih Timnas China

Fabio Cannavaro (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id – Legendaris tim nasional Italia Fabio Cannavaro resmi ditunjuk sebagai pelatih tim nasional China menggantikan mantan mentornya, Marcello Lippi. Pengumuman tersebut diwartakan langsung Asosiasi Sepak Bola China (CFA), Jumat (15/3/2019) malam waktu setempat. 
 
Lippi mengundurkan diri dari kursi kepelatihan karena gagal berbicara banyak di Piala Asia 2019 setelah disingkirkan Iran dengan skor 0-3 pada perempat final. Kini, pria 70 tahun itu menjabat sebagai penasehat tim. 
 
Tak tunggu lama, CFA langsung menujuk Cannavaro yang sebelumnya melatih Guangzhou Evergrande sebagai nakhoda timnas yang anyar. Mereka juga memiliki alasan kuat mengapa memilih pria 45 tahun itu. 
 
“Kami telah dengan hati-hati membuat keputusan ini berdasarkan penelitian komprehensif dari pengalamannya dan gaya teknis dan taktis. Selain itu, dia memiliki keakraban dengan pemain China,” tulis CFA. 
 
Bagi Cannavaro, berkarier di Negeri Tirai Bambu bukan suatu hal yang asing. Dia awalnya melatih Guangzhou pada November 2014 dan hengkang musim panas 2015 sebelum akhirnya kembali November 2017. 
 
Sejauh ini, mantan defender Juventus dan Real Madrid itu berhasil mempersembahkan satu titel Piala China untuk Guangzhou. Selain itu, dia pernah melatih klub liga kasta kedua Tianjin Quanjian.

Hebatnya, Cannavaro bisa membawa timnya promosi ke Liga Super China. Dia juga pernah menyabet penghargaan pelatih terbaik di Negeri Tirai Bambu pada 2017. 
 
Tugas pertama Cannavaro bersama timnas China yaitu menghadapi Thailand pada ajang Piala China di Guanxi Sport Center Stadium, Nanning, Kamis (21/3/2019) malam WIB.


Editor : Abdul Haris