UEFA Nations League

Gareth Southgate Akui Kehebatan Spanyol

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 09 September 2018 - 09:07 WIB
Gareth Southgate Akui Kehebatan Spanyol

Pelatih tim nasional Spanyol Gareth Southgate harus mengakui kehebatan Spanyol usai kalah 1-2 pada laga pertama UEFA Nations Cup Divisi A Grup 4. (Foto: Sky Sports)

LONDON, iNews.id - Pelatih tim nasional Spanyol Gareth Southgate harus mengakui kehebatan Spanyol usai kalah 1-2 pada laga pertama UEFA Nations Cup Divisi A Grup 4 di Wembley Stadium, Minggu (9/9/2018) dini hari WIB.

Inggris memimpin terlebih dahulu di menit ke-11 ketika Marcus Rashford yang berada di depan gawang melepaskan sepakan yang tidak mampu dihalau kiper Spanyol David de Gea. Namun, La Furia Roja mampu membalikkan keadaan melalui Saul Niguez (13) dan Rodrigo Moreno (32).

"Timnas Spanyol terlihat lebih hebat. Namun, kami masih berada di tahap awal untuk mengetahui arah permainan,” kata Southgate kepada Sky Sports.

Tekanan dari Timnas Spanyol terlalu tangguh untuk The Three Lions. Keadaan itu membuatnya harus segera mencari solusi.

"Mereka menekan dengan baik. Kami membutuhkan waktu untuk mencari akar masalah. Kami dapat mengatasi serangan mereka beberapa kali tetapi masih belum optimal,” ujarnya.

Southgate mengaku dirinya mencoba strategi anyar untuk laga kali ini. Jika biasanya mempercayakan skema 4-3-1-2, kini dia mengandalkan 3-5-2. Dia berharap perubahan itu dapat membawa Timnas Inggris lebih unggul.

"Kami bisa saja menggunakan skema lama atau terus mencoba hal baru dan menderita untuk sesaat. Kami punya pemain yang sanggup melakukannya. Bagi saya, kami harus yakin," ungkapnya.

Selain itu, Southgate juga menilai pemain di sektor tengah juga sangat krusial. Sayang, gelandangnya masih belum bisa menandingi permainan Spanyol.

“Spanyol punya sistem yang membuat mereka memiliki pemain tengah terbaik. Saat ini kami punya profil yang berbeda dan tak bisa bermain seperti mereka,” ucapnya.


Editor : Achmad Syukron Fadillah