Hadapi AC Milan di Piala Super Italia, Juventus Hindari Adu Penalti

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 13 Januari 2019 - 10:49 WIB
Hadapi AC Milan di Piala Super Italia, Juventus Hindari Adu Penalti

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri. (Foto: Tiziana FABI/AFP)

BOLOGNA, iNews.id – Pelatih Juventus Massimiliano Allegri mencoba untuk menghindari adu penalti saat meladeni AC Milan pada Piala Super Italia 2019 di King Abdullah Sports City, Jeddah, Kamis (17/1/2019) dini hari WIB.

Ungkapan Allegri tersebut tentu beralasan, mengingat pada pertemuan terakhir di ajang yang sama edisi 2016, Si Nyonya Tua dipermalukan Milan dan gagal angkat piala. Bermain di Doha, Qatar kala itu, Juve unggul lebih dulu berkat gol Giorgio Chiellini.

Namun, I Rossoneri tak menyerah dan berhasil menyamakan skor lewat aksi Giacomo Bonaventura. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak tambahan dan memaksa pertandingan berlanjut ke drama adu penalti.

Pada babak tos-tosan, hanya tiga algojo Juve yang berhasil menyarangkan bola, Claudio Marchisio, Gonzalo Higuain dan Sami Khedira. Sementara Mario Mandzukic dan Paulo Dybala gagal melaksanakan tugasnya.

Sementara empat eksekutor Milan, Bonaventura, Juraj Kucka, Suso dan Mario Pasalic berhasil melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Hanya tendangan Gianluca Lapadula yang gagal berbuah gol. Klub Kota Mode Italia itu akhirnya menang penalti dengan skor 4-3.

Kenangan pahit tersebut rupanya masih membekas di benak Allegri. Guna menyiasatinya, allenatore berusia 51 tahun itu ingin Cristiano Ronaldo dkk, tampil agresif dan mencuri gol sejak awal permainan dan meraih kemenangan di waktu normal.

“Melawan Milan, Rabu nanti merupakan pertandingan satu kali (bukan kandang tandang). Sebelumnya mereka mengalahkan kami lewat adu penalti,” kata Allegri kepada Rai Sport.

“Untuk itu, setidaknya kami akan menghindari babak tambahan atau adu penalti di laga nanti. Tapi secara keseluruhan, Juve siap bermain,” tutur pria yang notabene mantan pembesut Milan tersebut.

Pemenang laga nanti juga akan dinobatkan sebagai klub peraih titel Piala Super Italia terbanyak sepanjang sejarah. Saat ini, Juve dan Milan sama-sama mengoleksi jumlah gelar yang sama, yaitu tujuh trofi.


Editor : Haryo Jati Waseso