Piala Dunia 2018

Hallgrimson Heran Timnas Islandia Masih Berpeluang Lolos ke 16 Besar

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 23 Juni 2018 - 02:32 WIB
Hallgrimson Heran Timnas Islandia Masih Berpeluang Lolos ke 16 Besar

Timnas Islandia harus mengakui keunggulan Nigeria dengan skor 0-2. (Foto: Getty Images)

VOLGOGRAD, iNews.id - Pelatih tim nasional Islandia Heimir Hallgrimsson heran tim asuhannya masih berkesempatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Padahal, mereka kalah 0-2 dari Nigeria pada laga lanjutan Grup D di Stadion Volgograd Arena, Jumat (22/6/2018) malam WIB.

Timnas Islandia kalah setelah Ahmed Musa memborong dua gol. Kini, mereka hanya mengantongi satu poin hasil imbang melawan Argentina, Sabtu (16/6/2018). Untuk bisa lolos, tim berjuluk Strakarnir Okkar harus bisa menang saat melawan Kroasia, Rabu (27/6/2018).

"Rasanya aneh kami masih bisa lolos. Saya kira kami tidak bisa melalui Piala Dunia tanpa kekalahan, meski menyakitkan. Kami hanya butuh mengalahkan Kroasia, yang mana bakal sulit," kata Hallgrimson di laman resmi FIFA.

Dalam empat tahun terakhir, timnas Islandia sudah empat kali berjumpa dengan Kroasia sejak di babak kualifikasi Piala Dunia. Dari empat laga, Kroasia memenangkan dua di antaranya dan Islandia menang satu kali, sedangkan lainnya berakhir imbang. Berkaca dari keadaan itu, Hallgrimson sadar akan peluangnya untuk meraih kemenangan.

"Kami empat kali bertemu Kroasia dalam empat tahun terakhir. Kami bagai pasangan yang berusaha cerai, tetapi selalu bertemu," ujar pelatih berusia 51 tahun itu.

Pelatih yang juga dokter gigi itu juga masih ingat performa Kroasia di Piala Dunia 1998 saat menjadi juara ketiga. Fakta itu tak membuat Hallgrimson gentar, karena Islandia sebenarnya mengakhiri babak kualifikasi Piala Dunia di atas posisi Kroasia.

"Performa mereka di Piala Dunia mengesankan. Tetapi, penampilan terakhir mereka (Kroasia) membuat kami yakin. Kami berada di depan mereka saat kualifikasi dan berhasil menang satu kali," kata Hallgrimson.


Editor : Achmad Syukron Fadillah