Hansamu Yama: Saya Tidak Kagok Main Pakai Formasi 3-4-3

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 17:37 WIB
Hansamu Yama: Saya Tidak Kagok Main Pakai Formasi 3-4-3

Pemain timnas Indonesia Hansamu Yama Pranata. (Foto: Reynaldi Hermawan/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Bek tim nasional Indonesia Hansamu Yama Pranata mengaku tak bermasalah dengan formasi 3-4-3 ala Pelatih Simon McMenemy. Dia mengungkapkannya jelang laga kontra Vanuatu pada laga uji coba resmi FIFA di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/6/2019) malam.

Sejak ditunjuk menangani Garuda pada Desember 2018 lalu, McMenemy memang favorit menggunakan formasi 3-4-3. Pada laga perdananya melawan Myanmar di Mandalay Maret 2-2019, Indonesia berhasil menang dengan skor 2-0.

Namun, saat laga kedua melawan tim yang lebih tangguh, Yordania pada Selasa (11/6/2019), strategi tersebut tak berjalan mulus. Akibatnya, permainan pasukan McMenemy berantakan hingga akhirnya kalah telak 1-4.

Pada laga tersebut, terlihat sekali Hansamu kewalahan menghadapi umpan silang dari para pemain tuan rumah yang mengakibatkan terjadinya gol pertama untuk Yordania. Karenanya, awak media bertanya jelang laga kontra Vanuatu terkait kenyamanan sang defender bermain dengan tiga bek.

“Memang di klub kebanyakan pakai 4 bek, berbeda dengan timnas. Tapi saya rasa kami hanya butuh adaptasi. Kemarin memang ada sesuatu yang salah dari kami. Tapi mungkin kami hanya butuh waktu untuk membiasakan diri,” kata Hansamu.

Bek Persebaya Surabaya itu pun menegaskan timnya sudah mengambil pelajaran usai kekalahan dari Yordania. Hansamu pun berharap timnya bisa bangkit dan meraih hasil maksimal melawan Vanuatu.

“Setelah melawan Yordania, kami belajar banyak dan mendapat banyak hal positif. Kami sudah melakukan banyak evaluasi dan semua pemain saat ini antusias menatap pertandingan besok,” ujar pemain berusia 24 tahun tersebut.


Editor : Haryo Jati Waseso