Kualifikasi Piala Dunia 2022

Hasil Indonesia Vs Vietnam: Memalukan, Tim Garuda Kalah Lagi di Kandang

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 15 Oktober 2019 - 20:23 WIB
Hasil Indonesia Vs Vietnam: Memalukan, Tim Garuda Kalah Lagi di Kandang

Gelandang Timnas Indonesia Stefano Lilipaly (kanan) melakukan tendangan salto kontra Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019) malam. (Foto-Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana)

GIANYAR, iNews.id Timnas Indonesia kembali mengalami kekalahan memalukan dengan skor 1-3 saat menjamu Vietnam pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019) malam.

Ini menjadi kekalahan keempat beruntun yang dialami Tim Garuda pada ajang ini. Yang menyakitkan, dari empat laga tersebut gawang Indonesia kebobolan 14 gol, yang sembilan di antaranya terjadi di kandang sendiri.

Sejak awal, sinyal kekalahan Indonesia sudah terlihat. Meski main di kandang sendiri, pasukan Simon McMenemy justru lebih banyak ditekan.

Winger Timnas Indonesia Riko Simanjuntak (kedua kiri) berebut bola dengan pilar Vietnam Pham Duc Hui (kedua kanan).

Petaka itu pun semakin jelas kala Vietnam membuka keunggulan pada menit ke-26. Berawal dari sepak pojok, pertahanan Indonesia tidak sempurna dalam mengamankan bola. Hal itu dimaksimalkan oleh pemain Virtnam Do Duc Manh untuk menyambar bola dan menjebol gawang Timnas.

Tertinggal, tim Garuda mencoba untuk mencari gol penyeimbang. Mereka nyaris mendapatkannya pada menit ke-37. Sayang, tembakan salto yang dilepaskan Stefano Lilipaly masih belum menemui sasaran karena masih melambung jauh.

Memasuki menit ke-41, Indonesia kembali mendapat peluang untuk membuat skor imbang. Yanto Basna nyaris menyarangkan bola ke gawang Vietnam. Tetapi, sundulannya masih bisa ditangkap dan skor tak berubah hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Indonesia berusaha bangkit. Beberapa kali tim asuhan Simon McMenemy itu mampu mendapat peluang. Namun, penyelesaian yang kurang rapih membuat mereka gagal mencetak gol

Petaka bagi Indonesia, Yanto Basna menjatuhkan pemain Vietnam di dalam kotak penalti, dan wasit menujuk titik putih. Que Ngoc Hai yang menjadi eksekutor berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik pada menit ke-55.

Tertinggal, Indonesia berusaha lebih tampil menyerang. Tetapi, hal itu justru menjadi bumerang. Lini belakang menjadi lowong. Akibatnya, pemain Vietnam Nguyen Tien Linh yang tak terjaga sukses menjebol gawang Indonesia.

Tak lama kemudian, McMenemy menarik keluar Stefano Lilipaly dan menggantikannya dengan Irfan Bachdim pada menit ke-82. Sang pemain pengganti langsung memberikan hasil, dengan mencetak gol semenit kemudian. Tetapi, setelah itu tak ada gol tambahan.

Dengan hasil ini, Indonesia semakin terpuruk di dasar klasemen tanpa nilai. Sebelumnya, Tim Garuda dipermalukan Malaysia (2-3), dan Thailand (0-3) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, dan kalah lagi dari Uni Emirat Arab (0-5) di Dubai.

SUSUNAN PEMAIN  
INDONESIA (4-2-3-1)  
M Ridho; Putu Gede, Otavio Dutra, Yanto Basna, Abduh Lestaluhu; Evan Dimas, Bayu Pradana; Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly (Irfan Bachdim 82), Saddil Ramdani (Wawan Febrianto 57); Alberto Goncalves (Lerby Eliandy 85) 
Pelatih: Simon McMenemy

VIETNAM (4-4-2)  
Dang Van Lam; Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Doan Van Hau; Nguyen Trong Hoang (Nguyen Phong Hong Duy 87), Do Hung Dung, Pham Duc Huy, Nguyen Tien Linh (Vu Van Thanh 82); Nguyen Van Toan (Viet Phong Nguyen 67), Nguyen Quang Hai  
Pelatih: Park Hang-seo

Editor : Abdul Haris