Kualifikasi Euro 2020

Hasil Liechtenstein Vs Italia: Gli Azzurri Pesta 5 Gol, Mancini Samai Rekor Pozzo

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 16 Oktober 2019 - 05:45 WIB
Hasil Liechtenstein Vs Italia: Gli Azzurri Pesta 5 Gol, Mancini Samai Rekor Pozzo

Pemain Timnas Italia merayakan gol yang dibuat Andrea Belotti (kanan) saat mengalahkan Liechtenstein 5-0 pada matchday ke-8 kualifikasi Euro 2020 Grup J, Rabu (16/10/2019) dini hari WIB. (Foto: STEFAN WERMUTH/AFP)

VADUZ, iNews.id – Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini menyamai rekor mantan pelatih Gli Azzurri Vittorio Pozzo, usai mengantarkan timnya menang 5-0 atas Liechtenstein pada matchday ke-8 kualifikasi Euro 2020 Grup J, Rabu (16/10/2019) dini hari WIB.

Menurut catatan Opta, itu merupakan kemenangan kesembilan Italia secara beruntun pada berbagai ajang di tangan Mancini. Dengan begitu, pelatih 54 tahun tersebut menyamai rekor Pozzo yang pernah meraih jumlah kemenangan yang sama pada periode Mei 1938 hingga Maret 1939.

“Saya mengatakannya berkali-kali. Saya ingin sama dengan Pozzo dalam hal memenangkan Piala Dunia dua kali. Bahkan memenangkan Euro 2020 saja sudah cukup,” kata Mancini di laman UEFA.

“Tapi saya rasa kemenangan itu didapat dengan cara yang tak mudah. Saya mengubah beberapa komposisi pemain. Mereka juga jarang main bersama secara rutin. Tapi ketika kami membuat gol kedua, semua terasa lebih mudah,” ujarnya.

Pada laga tadi, keran gol Italia sudah terbuka kala pertandingan bergulir 1 menit 48 detik melalui sumbangan Federico Bernardeschi. Itu merupakan gol tercepat kedua Gli Azzurri sepanjang sejarah di semua kompetisi setelah Emanuele Giaccherini (18 detik) dalam laga uji coba melawan Haiti, Juni 2013.

Keunggulan satu gol bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, pasukan Mancini tampil lebih beringas. Buktinya mereka bisa menambah pundi-pundi gol melalui tandukan Andrea Belotti memanfaatkan umpan sudut Vincenzo Grifo pada menit ke-70.

Tujuh menit kemudian, giliran bek AC Milan Alessio Romagnoli yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menanduk crossing Stephan El Shaarawy. Menit ke-82, El Shaarawy sukses mencetak gol setelah lepas dari jebakan offside. Pesta gol Negeri Pizza ditutup dengan gol kedua Belotti di masa injury time.

Tambahan tiga poin membuat Italia kian nyaman di singgasana Grup G berbekal nilai 24 hasil 8 kemenangan. Mereka kini menjadi salah satu tim yang sudah lolos Euro 2020 selain Rusia, Polandia, Ukraina, Spanyol dan Belgia.

SUSUNAN PEMAIN
LIECHTENSTEIN (4-1-4-1)

Buechel; Rechtsteiner, Kaufmann, Hofer, Goppel; Buechel; Yildiz (Wolfinger 83), Polverino (Noah Frick 56), Hasler, Salanovic; Gubser (Yanik Frick 56)
Pelatih: Helgi Kolvidsson

ITALIA (4-3-3)
Sirigu; Di Lorenzo, Gianluca Mancini, Romagnoli, Biraghi (Bonucci 88); Zaniolo (El Shaarawy 63), Cristante, Veratti; Bernardeschi (Tonali 74), Belotti, Grifo
Pelatih: Roberto Mancini


Editor : Haryo Jati Waseso