Hormati Pemain Muslim, FA Larang Selebrasi Juara dengan Alkohol

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 02 Mei 2019 - 08:35:00 WIB
Hormati Pemain Muslim, FA Larang Selebrasi Juara dengan Alkohol
Penggawa Liverpool Sadio Mane merupakan salah satu pemain Premier League yang beragama Islam. (Foto: Josep LAGO/AFP)

LONDON, iNews.id – Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dikabarkan membuat kebijakan yang melarang selebrasi perayaan gelar juara menggunakan minuman sampanye beralkohol. Peraturan tersebut dikeluarkan untuk menghormati para pesepak bola muslim yang berkarier di Negeri Ratu Elizabeth II itu.

Dilansir Daily Mail, sudah menjadi kebiasaan turun menurun, tim juara Premier League akan diberikan sampanye beralkohol sebagai simbol ucapan selamat. Biasanya, para pemain akan berselebrasi dengan saling menyemprotkan dan meminum minuman tersebut.

Namun kini, FA akan menghilangkan kebiasaan tersebut demi menghormati para pemain muslim seperti duo Liverpool Mohamed Salah dan Sadio Mane serta gelandang Manchester United Paul Pogba. Agama Islam memang mengharamkan pengikutnya mengonsumsi alkohol.

Selain karena alasan tersebut, FA juga memikirkan beberapa pemain yang masih di bawah ambang batas usia untuk mengonsumsi alkohol secara legal. Lebih lanjut, badan sepak bola tertinggi di Inggris itu menjelaskan tidak ada paksaan atau protes dari pemain dengan keputusan tersebut.

Sebagai gantinya, FA akan memberikan sampanye bebas alkohol agar para klub bisa tetap berpesta. “Tim pemenang akan dihadiahi dengan sampanye bebas alkohol untuk selebrasi mereka. Keputusan tersebut akan dimulai sejak tahun ini, di Final Piala FA,” kata juru bicara FA.

Partai pamungkas Piala FA akan mempertemukan Manchester City kontra Watford di Stadion Wembley, Sabtu (18/5/2019) malam WIB. Sementara mahkota Premier League hingga kini masih direbutkan The Citizens dan Liverpool.

Dari dua laga tersisa, skuat asuhan Pep Guardiola itu kini bercokol di puncak klasemen berbekal nilai 92. Sementara The Reds membuntuti mereka di tangga kedua dengan mengemas 91 poin.

Editor : Haryo Jati Waseso