Indonesia Dibantai Vietnam, Ini Permintaan Menpora Zainudin Amali

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 09 Juni 2021 - 18:29:00 WIB
Indonesia Dibantai Vietnam, Ini Permintaan Menpora Zainudin Amali
Para pemain Timnas Indonesia (foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id- Timnas Indonesia dibantai 4-0 oleh Vietnam pada  Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Zainudin Amali meminta masyarakat tetap memberikan dukungan.

Bermain di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6/2021), Indonesia tak berdaya melawan Vietnam. Pertahanan Indonesia kocar-kacir di babak kedua. Hasilnya, empat gol bersarang ke gawang Nadeo hanya dalam satu babak.

Dampak dari kekalahan itu, berbagai respons mengalir di media sosial. Sejumlah netizen melempar kritik pedas, sebagian lain optimistis karena percaya proses.

Menpora Amali menyayangkan ada pihak memberikan kritik yang berlebihan. Dia mengajak masyarakat Indonesia untuk terus memberikan dukungan, tanpa harus menjatuhkan.

“Jadi tetap dukung, jangan sampai mereka dicemooh, jangan sampai kemudian dibully dan lain sebagainya. Karena ini anak-anak yang masih secara mental masih sangat muda,” kata Menpora Amali, Rabu (9/6/2021).

“Kita beri harapan, kita beri dukungan. Jangan dia dipuji setinggi langit, kemudian dicaci juga serendah-rendahnya. Jadi tetap kita dukung tim nasional kita, apapun hasil yang didapat di Dubai, jangan dipermasalahkan tetapi kita lihat betul ada perkembangan ke arah yang progresif, yang bagus untuk tim nasional kita,” ujarnya.

Tim asuhan Shin Tae-yong masih punya peluang untuk bangkit. Laga terakhir Indonesia melawan UEA pada kualifikasi Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6/2021).

Editor : Ibnu Hariyanto