Kualifikasi Piala Dunia 2022

Indonesia Vs Vietnam: Park Hang-seo Waspadai Pemain Naturalisasi Tim Garuda

Reynaldi Hermawan ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 17:05 WIB
Indonesia Vs Vietnam: Park Hang-seo Waspadai Pemain Naturalisasi Tim Garuda

Park Hang-seo (Foto: Vietnamplus)

BALI, iNews.id – Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo memetakan kekuatan Indonesia jelang kedua tim bentrok pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G, Selasa (15/10/2019) malam. Menurut dia, Tim Garuda dihuni pemain naturalisasi yang punya kualitas mumpuni.

Bila melihat statistik, Vietnam jelas lebih unggul karena belum terkalahkan sejauh ini. Sebelumnya, tim berjuluk The Golden Star itu bermain imbang 0-0 melawan Thailand dan menang tipis 1-0 atas Malaysia.

Sementara Timnas Indonesia belum pernah mencicipi kemenangan dari tiga pertandingan yang sudah dilalui. Tim besutan Simon McMenemy itu kalah 2-3 dari Malaysia, ditumbangkan Thailand 0-3 dan dipermalukan Uni Emirat Arab 0-5.

Meski Tim Garuda dihantui catatan kelam, Hang-seo tak ingin jemawa mengingat dia sadar sang lawan punya pemain naturalisasi berkualitas seperti Stefano Lilipaly dan Alberto ‘Beto’ Goncalves.

Lilipaly memainkan peran penting di lini kedua Timnas Indonesia. Penggawa Bali United itu kerap diandalkan McMenemy sebagai motor serangan. Umpan-umpannya juga pantas diacungi jempol.

Sementara Beto merupakan targetman yang diamanahkan McMenemy merepotkan pertahanan lawan. Sejauh ini, Tim Garuda baru mencetak dua gol yakni ketika Malaysia. Keseluruhan gol tersebut dibukukan penyerang Madura United itu.

Tak hanya kedua pemain tersebut, Hang-seo juga paham dengan kualitas Irfan Bachdim. Dia menilai, pemain berdarah Belanda itu punya sepakan akurat ketika ditunjuk mengeksekusi bola-bola mati.

“Setiap tim memiliki warna yang berbeda. Malaysia membangun tim dengan pemain inti domestik. Indonesia memiliki gaya yang berbeda. Mereka memiliki banyak pemain yang dinaturalisasi dari Belanda dan Brasil,” kata Hang-seo dilansir News Zing.

“Saya menyaksikan pertandingan mereka melawan Thailand. Mereka punya pemain naturalisasi di area serangan yang sangat kompak yaitu nomor 9 (Beto) dan 10 (Lililpaly). Nomor 17 (Bachdim) punya tendangan sudut yang cukup bagus,” ujarnya. 

Juru taktik berkebangsaan Korea Selatan itu juga meng-update perkembangan terkini Timnas Indonesia. Buktinya, dia tahu kalau Tim Garuda baru saja menaturalisasi pemain dari Brasil, Otavio Dutra.

“Saya tahu Indonesia baru saja menaturalisasi seorang bek Brasil,” tuturnya. 


Editor : Abdul Haris