Piala Dunia 2018

Inggris Dikalahkan Belgia, Southgate: Ini Pelajaran untuk Masa Depan

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 15 Juli 2018 - 11:19 WIB
Inggris Dikalahkan Belgia, Southgate: Ini Pelajaran untuk Masa Depan

Gareth Southgate (Foto: FIFA.com)

SAINT PETERSBURG, iNews.id – Pelatih Inggris Gareth Southgate tetap berlapang dada meski timnya gagal meraih peringkat ketiga Piala Dunia usai kalah 0-2 dari Belgia di Stadion Saint Petersburg, Sabtu (14/7/2018) malam. Menurutnya, banyak pelajaran yang bisa dipetik untuk jadi evaluasi di masa depan.

Awalnya Southgate berharap timnya bisa finis di tempat ketiga setelah dikalahkan Kroasia di semifinal. Namun nyatanya Belgia tampil lebih baik pada laga tadi dan bisa mencetak dua gol lewat aksi Thomas Meunier pada menit ke-4 dan Eden Hazard (82).

Kendati begiu, Southgate enggan meratap. Gaffer berusia 47 tahun itu tetap mengapresiasi perjuangan skuat mudanya dari penyisihan grup hingga ke fase tersebut.

“Kami memiliki petualangan yang luar biasa di turnamen ini. Pengalaman tersebut yang akan membuat tim ini lebih bisa diandalkan di masa depan. Kami berusaha untuk terus berevolusi dan berkembang. Kami telah melakukannya, terutama selama delapan bulan terakhir. Kami akhirnya memiliki petualangan yang brilian,” kata Southgate dikutip The Guardian.

“Setiap anggota tim, pemain, dan staf kami sangat menikmatinya. Itu yang harus terus kami lakukan. Tinjau cara bermain, bagaimana cara meningkatkannya, apa yang bisa kami dapatkan dengan lebih baik. Itu yang akan kami lakukan,” ujarnya.

Kini yang menjadi fokus Southgate adalah membenahi skuatnya agar bisa tampil lebih prima di turnamen UEFA Nation League yang akan digelar September mendatang. Di sana, The Three Lions akan berada di Grup 4 bersama Spanyol dan Kroasia.

“Kami mendapat banyak pujian. Tetapi kami sama sekali tidak menipu diri sendiri. Kami tahu persis area di mana tim ini masih harus lebih baik. Kami tidak seperti klub sepak bola yang memiliki dana untuk membeli pemain baru. Kami harus melatih dan mengembangkan, dan para pemain membutuhkan kemauan untuk belajar dan berkembang,” ucapnya.


Editor : Abdul Haris