Inggris Hadapi Belanda di Semifinal, Southgate: Saya Tertantang

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 04 Desember 2018 - 17:24 WIB
Inggris Hadapi Belanda di Semifinal, Southgate: Saya Tertantang

Gareth Southgate (Foto: The Pool)

DUBLIN, iNews.id – Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate tak gentar meski harus menghadapi Belanda di semifinal UEFA Nations League di Stadion Dom Afonso Enriques, Jumat 7 Juni 2019. 
 
Southgate menilai penampilan De Oranje saat ini memang sangat mengagumkan. Belanda berhasil melaju ke semifinal setelah finis sebagai juara Grup 1 Liga A berbekal tujuh poin.

Skuat asuhan Ronald Koeman itu menyingkirkan juara dunia 2018 Prancis di tangga kedua dan kampiun Piala Dunia 2014 Jerman di dasar klasemen. 
 
Namun, juru taktik 48 tahun itu tak gentar dengan Belanda dan justru merasa sangat tertantang. Sebab menurut Southgate, sang lawan saat ini memiliki materi pemain yang sama dengan Tiga Singa yakni mengandalkan talenta muda. 
 
“Saat ini Belanda berada di tahap berkembang, serupa dengan kami. Banyak pemain muda yang hebat di kedua tim. Sentuhan tangan Ronald begitu luar biasa. Saya rasa laga nanti akan sangat menyenangkan,” kata Southgate dikutip BBC
 
Bagi pria kelahiran Watford itu, pertandingan nanti merupakan semifinal kedua yang dilakoni sejak ditunjuk menangani Inggris pada September 2016. Sebelumnya, berkat racikannya, Tiga Singa sukses menjadi semifinalis Piala Dunia 2018. Sayang, di fase itu, Harry Kane dkk kalah 0-2 dari Belgia. 
 
Sedangkan bagi kedua tim, laga nanti merupakan pertemuan pertama di laga kompetitif setelah penyisihan grup Piala Eropa 1996. Kala itu, Tiga Singa yang masih diperkuat Southgate sebagai pemain menang telak 4-1. 


Editor : Abdul Haris