Ini 3 Pelatih yang Jadi Panutan Andrea Pirlo

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 17:30 WIB
Ini 3 Pelatih yang Jadi Panutan Andrea Pirlo

Andrea Pirlo dipercaya melatih Juventus U-23 (Foto: Worldfootball)

TURIN, iNews.id – Andrea Pirlo bakal memulai babak baru dalam kariernya. Setelah sukses menjadi pemain, dia kini bertugas menangani Juventus U-23.

Sebagai pelatih, Pirlo ingin meniru tiga panutannya yaitu Carlo Ancelotti, Marcelo Lippi, serta Massimiliano Allegri. Tiga nama tersebut punya jasa besar dalam karier Pirlo di panggung sepak bola.

“Sejak pensiun, saya banyak belajar. Itu meningkatkan rasa ingin tahu saya. Jadi saya mendalaminya 100 persen. Saya memiliki banyak pelatih dalam karier, dan mereka semua memberi saya sesuatu. Ada Ancelotti, Lippi, serta Max Allegri,” kata Pirlo dilansir situs Juventus, Sabtu (1/8/2020).

“Saya perlu menjelaskan kepada para pemuda ini apa arti sebenarnya bermain di Juventus. Siapa pun yang bermain melawan kami, pasti memiliki hasrat dua kali lipat untuk memenangkan duel. Jadi kami harus membuktikan diri setiap saat,” ujarnya.

Ancelotti pernah melatih Pirlo di AC Milan. Hal sama dilakukan Allegri yang kemudian bertemu lagi ketika pindah ke Juventus. Sementara Lippi mendidik Pirlo di Timnas Italia.

Sebelum menerima ajakan Juventus, Pirlo sempat dirayu untuk menangani tim dari Premier League. Namun pria 41 tahun tersebut menolak berkarier di Inggris.

“Saya menerima tawaran dari beberapa klub Serie A dan Premier League. Tapi saya pikir Juventus adalah tempat terbaik untuk memulai karier ini,” tuturnya.

Pirlo berharap bisa mengikuti jejak Zinedine Zidane dan Pep Guardiola. Dalam dunia kepelatihan mereka diakui sebagai sosok yang jenius.

“Semua orang ingin meniru jalan Zidane dan Guardiola. Saya harus berjuang agar bisa seperti mereka,” ucapnya.

Editor : Bagusthira Evan Pratama