Piala AFF 2018

Ini Alasan Bima Sakti Tak Mainkan Andik Vermansyah Vs Singapura

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 10 November 2018 - 11:35 WIB
Ini Alasan Bima Sakti Tak Mainkan Andik Vermansyah Vs Singapura

Andik Vermansyah tak dimainkan saat Indonesia takluk 0-1 pada laga pertama Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Kallang, Jumat (9/11/2018) malam.

KALLANG, iNews.id – Pelatih tim nasional Indonesia Bima Sakti memiliki alasan kuat mencadangkan Andik Vermansyah saat timnya kalah 0-1 dari Singapura pada laga Grup A Piala AFF 2018 di National Stadium, Kallang, Jumat (9/11/2018). Menurutnya, Andik tidak masuk ke dalam strategi Tim Garuda pada laga tersebut.

Pada pertandingan yang disiarkan RCTI itu, Singapura mampu memecah kebuntuan pada menit ke-37 berkat sepakan sang kapten Harris Harun. Setelahnya, Indonesia menaikkan intensitas serangan guna membalikkan keadaan.

Guna menambah daya gedor, Coach Bima memainkan Riko Simanjuntak untuk menggantikan Irfan Jaya pada awal babak kedua. Kemudian, dia menarik keluar bek Ricky Fajrin untuk digantikan di Fachrudin Aryanto (64). Terakhir, dia menggantikan Stefano Lilipaly dengan Septian David Maulana (84).

Sayang, usaha juru taktik asal Balikpapan itu tak membuahkan hasil hingga peluit panjang dibunyikan. Usai laga, banyak pihak bertanya-tanya kepada Bima mengapa dirinya tidak memainkan Andik. Padahal, pemain Kedah itu memiliki statistik apik jika berjuma Singapura.

Statistik mencatat, Andik selalu mencetak gol pada dua laga terakhir melawan The Lions di Piala AFF. Saat fase grup edisi 2012, mantan pemain Persebaya Surabaya itu menciptakan gol semata wayang dalam kemenangan 1-0 di Kuala Lumpur.

Kemudian edisi 2016, Tim Garuda kembali bertemu Singapura di fase grup. Lagi-lagi, Andik berhasil menyumbang gol dan membawa Indonesia menang 2-1 pada laga yang dihelat di Manila, Filipina itu.

“Kita sudah memantau permainan para pemain yang akan menjadi starter melawan Singapura. Rata-rata adalah skuat inti di Asian Games 2018. Mereka semua bagus, jadi karena itu saya menyimpan Andik,” kata Bima.

Akibat kekalahan dari Singapura, Indonesia bercokol di peringkat keempat tanpa nilai. Angka Tim Garuda sama dengan Filipina di tangga ketiga yang belum bermain dan Timor Leste di dasar klasemen, namun unggul selisih gol. Negara terakhir bakal menjadi lawan Andik dkk selanjutnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (13/11/2018) malam.

Sementara itu, Grab sebagai Official Mobile Platform Partner, berkomitmen menghadirkan dukungan kepada timnas Garuda yang bertanding di AFC Cup U-19 dan AFF Suzuki Cup 2018 dengan mengusung slogan Grab #KobarkanSemangatGaruda #KemenanganItuDekat.


Editor : Abdul Haris