Ini Alasan Jepang dan Qatar Bisa Mentas di Copa America 2019

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 16:32 WIB
Ini Alasan Jepang dan Qatar Bisa Mentas di Copa America 2019

Timnas Jepang. (Foto: NICOLAS ASFOURI/AFP)

SAO PAOLO, iNews.id – Sebagian pecinta sepak bola barangkali masih bingung mengapa dua negara konfederasi Asia (AFC), yakni Jepang dan Qatar bisa mentas pada ajang Copa America 2019 di Brasil. Jawabannya, kedua negara tersebut berhak tampil melalui jalur undangan.

Edisi kali ini, Copa America akan diikuti 12 negara. Rinciannya, 10 dari Amerika Selatan (CONMEBOL) dan sisanya AFC. Bagi Jepang, ini kedua kalinya mereka diundang pada ajang tersebut, selain pada periode 1999.

Sayang, Samurai Biru kala itu tak bisa berbicara banyak. Yoshikatsu Kawaguchi dan kolega tersingkir prematur di fase grup pada hajatan yang digelar di Paraguay itu. Mereka kalah bersaing dengan tuan rumah dan Peru. Pada Copa America kali ini, Jepang akan menjadikannya sebagai panggung persiapan jelang Olimpiade 2020.

Sedangkan Qatar untuk pertama kalinya berkesempatan mentas di Copa America. Bagi juara Piala Asia 2019 itu, ajang ini akan sangat bagus untuk mempersiapkan diri jelang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Pada beberapa edisi sebelumnya, Copa America selalu diikuti negara konfederasi CONMEBOL, dengan dua tim dari udangan dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF) maupun dari zona lainnya. Amerika Serikat atau Meksiko biasanya menjadi wakil dari CONCACAF.

Pada Copa America 2016, CONCACAF bahkan mengirimkan enam negara sekaligus yakni Meksiko, AS, Kosta Rika, Haiti, Jamaika, dan Panama. Namun, tahun ini, mereka tidak mengirimkan wakil karena jadwal Copa America berdekatan dengan Gold Cup 2019.

Dengan demikian, untuk pertama kalinya dalam sejarah, penyelenggaraan Copa America sejak periode 1993 tidak ada wakil dari CONCACAF.

Pada ajang Copa America 2019 nanti, Jepang akan berada di Grup C bersama Uruguay, Ekuador, dan juara bertahan dua edisi beruntun Chile. Sementara Qatar masuk Grup B menemani Argentina, Kolombia dan Paraguay. Hajatan tersebut akan berlangsung 15 Juni hingga 17 Juli 2019.

Berikut daftar kontestan Copa America 2019:

Grup A
Brasil, Bolivia, Venezuela, Peru

Grup B
Argentina, Kolombia, Paraguay, Qatar

Grup C
Uruguay, Ekuador, Jepang, Chile


Editor : Haryo Jati Waseso