Ini Hitung-hitungan Timnas U-19 untuk Lolos ke Piala Asia 2020

Abdul Haris ยท Minggu, 10 November 2019 - 11:11 WIB
Ini Hitung-hitungan Timnas U-19 untuk Lolos ke Piala Asia 2020

Timnas Indonesia U-19 (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga terakhir penyisihan grup Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 kontra Korea Utara (Korut) U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/11/2019) malam.

Laga yang akan disiarkan langsung RCTI mulai pukul 18.30 WIB tersebut akan menentukan nasib Garuda Nusantara untuk melaju ke putaran final di Uzbekistan tahun depan.

Kans pasukan Fakhri Husaini untuk bisa lolos terbuka setelah pesta gol 4-0 atas Hong Kong U-19 pada matchday kedua Grup K di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (8/11/2019) malam. Gol-gol Indonesia dicetak Bagas Kaffa pada menit ke-24, Fajar Fathur (29), David Maulana (60), dan Bagus Kahfi (90-penalti).

Kemenangan itu membuat Indonesia memuncaki klasemen sementara Grup K dengan poin 6,  setelah sebelumnya juga menang 3-1 atas Timor Leste, Rabu (6/11/2019).

Bagus Kahfi dkk unggul dua angka dari Korea Utara (Korut) yang ada di posisi kedua. Pada laga sebelumnya, Korut menang 4-0 atas Timor Leste. Di peringkat ketiga dan keempat bertengger Hong Kong (1) dan Timor Leste (0).

Kondisi tersebut membuat Garuda Nusantara hanya butuh hasil imbang pada laga terakhir kontra Korut untuk menjadi juara grup sekaligus memastikan tiket ke Uzbekistan.

Kalau kalah, Indonesia akan turun ke posisi kedua. Namun, nasib Timnas U-19 belum berakhir karena masih bisa berharap lolos sebagai salah satu dari empat atau lima runner-up terbaik.

Ya, jatah dari posisi runner up terbaik memang masih tentatif antara empat atau lima, tergantung posisi akhir Uzbekistan pada kualifikasi ini.

Jika Uzbekistan, sebagai tuan rumah putaran final nanti, jadi juara Grup F atau di antara empat runner-up terbaik, maka runner-up terbaik kelima juga lolos ke putaran final.

Namun, jika Uzbekistan gagal finis sebagai juara grup, atau salah satu dari empat runner-up terbaik, maka hanya empat runner-up yang diambil.

Saat ini, di posisi pertama runner-up terbaik bertengger Vietnam dengan poin 6, diikuti Yaman (6), China (6), Uzbekistan (6), dan di Korut (4) di posisi kelima. Sementara di enam dan seterusnya  ada Laos (4), Lebanon (4), Yordania (4), dan Kamboja (3).

Editor : Abdul Haris