UEFA Nations League

Ini Kata-Kata Southgate yang Bikin Timnas Inggris Pesta di Spanyol

Abdul Haris ยท Selasa, 16 Oktober 2018 - 06:47 WIB
Ini Kata-Kata Southgate yang Bikin Timnas Inggris Pesta di Spanyol

Gareth Southgate (Foto: Daily Mail)

SEVILLA, iNews.id – Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate memuji tim mudanya yang sukses mengalahkan tuan rumah Spanyol 3-2 pada UEFA Nations League di Estadio Benito Villamarin, Sevilla, Selasa (16/10/2018) dini hari WIB.

Itu kemenangan langka buat The Three Lions. Untuk pertama kalinya dalam 31 tahun, negeri monarki itu bisa pesta di tanah Spanyol. Pesta seperti ini terakhir kali terjadi pada 18 Februari 1987 kala empat gol Gary Lineker membungkam La Furia Roja 4-2 pada uji coba di Madrid. 

Dua gol Raheem Sterling pada menit ke-16 dan ke-38 dan satu gol dari Marcus Rashford (29) melengkapi pesona permainan Inggris di babak pertama. Baru di babak kedua Spanyol bangkit dan memperkecil ketertinggalan melalui dua gol sundulan Paco Alcacer (58), dan Sergio Ramos (90+3). Ini menjadi kekalahan pertama Spanyol di kandang pada level kompetitif sejak 2003.

Menurut Southgate, tim muda Inggris bermain tanpa rasa takut  dan sangat matang dalam meladeni juara Piala Dunia 2010 itu.

“Mereka seharusnya sangat bangga dengan penampilan mereka,” tutur Southgate, yang menurunkan starting XI termuda Inggris dalam 59 tahun, kepada Sky Sports.

Sang arsitek juga membocorkan apa yang diucapkannya kenapa pasukannya sehingga bisatampil begitu trengginas di laga tersebut.

“Kami berbicara dengan pemain depan khususnya sebelum pertandingan untuk mengingatkan seperti apakah ancaman yang bisa mereka tunjukkan. Ketiga dari mereka luar biasa dan menyebabkan semua jenis masalah (untuk Spanyol),” ucap Southgate.

“Kemudian, para pemain lain juga cukup berani, dan saya pikir kadang-kadang kami melakukannya dengan sangat baik,” ujarnya.

Nakhoda 48 tahun itu pun menjawab sorotan media yang melihat Inggris kalah dalam penguasaan bola. Total, The Three Lions hanya mendapat 27 persen penguasaan bola, dan melepas lima tembakan dibandingkan 23 yang dilakukan Spanyol.

“Anda harus menerima kami akan kalah penguasaan bola dalam area yang berbahaya. Untuk itu kami mendorong pemain untuk ambil risiko. Tetapi untuk tim yang sangat muda saya pikir itu kinerja yang sangat matang. Kami bertahan dengan tekanan yang cukup baik dan mereka semua harus sangat bangga dari apa yang telah mereka lakukan,” ujarnya.

“Kami tahu cara Spanyol menekan, bahwa kami harus mendapatkan beberapa umpan pertama. Kami menghadapi risiko kehilangan bola di depan gawang, tetapi ketika kami keluar dari tekanan itu, kami memiliki ancaman besar dalam serangan balik. Serangan. Kualitas permainan dan keberanian para pemain adalah hal yang paling membuat saya senang,” kata Southgate.


Editor : Abdul Haris