Ini Rahasia Evan Dimas 2 Kali Jebol Gawang Myanmar di Semifinal SEA Games 2019

Antara, Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 08 Desember 2019 - 05:00 WIB
Ini Rahasia Evan Dimas 2 Kali Jebol Gawang Myanmar di Semifinal SEA Games 2019

Gelandang Timnas Indonesia U-23 Evan Dimas Darmono (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Myanmar di babak Semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019). (Foto: Antara/Sigid Kurniawan

JAKARTA, iNews.id - Gelandang Timnas Indonesia U-23 Evan Dimas Darmono melesakkan dua gol dalam kemenangan dramatis 4-2 atas Timnas Myanmar U-23 di babak semifinal SEA Games 2019. Evan bermain brilian dalam laga di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019) tersebut.

Seusai pertandingan, Evan Dimas mengaku kaget saat Myanmar mampu menyamakan skor 2-2 dari sebelumnya tertinggal 2-0. Gara-gara itu, gelandang klub Barito Putra ini mengaku kepercayaan dirinya sempat jatuh.

Namun, Evan berhasil bangkit. Mantan kapten Timnas Indonesia U-19 ini menyebut pelatih Indra Sjafri di balik keberhasilan itu. Menurutnya, pelatih telah mengembalikan kepercayaan diri sekaligus memintanya untuk tetap bersemangat membawa Indonesia unggul.

"Coach bilang terima kasih dan saya ucapkan juga terima kasih karena membantu mengembalikan kepercayaan diri saya," kata Arek Suroboyo ini, Sabtu (7/12/2019).

BACA JUGA: Dramatis, Timnas U-23 Lolos ke Final SEA Games 2019 usai Libas Myanmar

Evan bersyukur bisa berkontribusi menyumbangkan gol sehingga Indonesia bisa melaju ke final SEA Games 2019. Dia juga menyampaikan terima kasihnya kepada rekan satu tim.

"Alhamdulillah tadi bisa kasih kontribusi untuk tim dan Alhamdulillah bisa melaju ke final. Terima kasih kepada teman-teman yang membantu saya hari ini," ucap alumnus SSB Mitra Surabaya itu.

Laga Indonesia kontra Myanmar di babak semifinal berlangsung sengit dan mendebarkan. Bermain imbang 0-0 di babak pertama, Indonesia mencoba terus menggempur pertahanan lawan di babak kedua.

Garuda Muda akhirnya berhasil unggul pada menit ke-58. Evan Dimas yang tak terjaga sukses menjebol gawang Myanmar usai mendapat umpan Egy Maulana Vikri. Pada menit ke-71 giliran Egy menambah pundi-pundi gol.

Saat final serasa di pelupuk mata, Indonesia justru kecolongan dua gol Myanmar. Skor imbang 2-2 bertahan hingga akhir pertandingan. Laga pun berlanjut ke babak tambahan.

BACA JUGA: Cetak 2 Gol Lawan Myanmar, Evan Dimas Jadi Trending Topic Twitter

Indonesia kembali memimpin pada menit ke-101. Osvaldo yang tak terjaga sukses meneruskan umpan Asnawi Mangkualam dengan tembakan kerasnya.

Pada babak tambahan waktu kedua, Evan Dimas menjadi lakon dengan lesakan golnya hasil umpan Sani Rizki pada menit ke-112.

Indonesia terakhir kali lolos ke final SEA Games pada 2013, namun takluk dari Thailand 1-0. Medali emas terakhir sepak bola putra SEA Games diperoleh pada 1991.


Editor : Zen Teguh