Piala AFF 2018

Jadi Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF, Hansamu: Saya Siap

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 09 November 2018 - 10:45 WIB
Jadi Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF, Hansamu: Saya Siap

Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti (kedua kiri) didampingi kapten Hansamu Yama (kiri) berjabat tangan dengan Pelatih timnas Singapura Fandi Ahmad (kedua kanan) yang didampingi pemainnya, Hariss Harun, saat konferensi pers Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Kamis (8/11/2018). (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

KALLANG, iNews.id – Hansamu Yama dipilih menjadi kapten tim nasional Indonesia pada ajang Piala AFF 2018. Sadar akan mengemban amanah yang cukup berat, bek Barito Putera itu mengaku siap. 
 
Pelatih Tim Garuda Bima Sakti menunjuk Hansamu sebagai kapten karena pengalamannya. Pemuda kelahiran Mojokerto itu sebelumnya sudah memimpin Indonesia pada dua ajang besar yakni SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. 
 
Pada event pertama, Tim Garuda hanya bisa mencapai babak semifinal setelah dikalahkan tuan rumah Malaysia 0-1. Kemudian pada gelaran Asian Games di rumah sendiri, Hansamu dkk takluk di babak 16 besar setelah kalah ditklukkan Uni Emirat Arab lewat drama adu penalti. 
 
Meski gagal membantu timnya berprestasi di dua ajang tersebut, Hansamu tetep dipercaya bisa memimpin rekan-rekannya berbicara banyak di Piala AFF. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memberikan target juara kepada pasukan Coach Bima di hajatan sepak bola terbesar se-Asia Tenggara itu. 
 
Hansamu yang kini masih berusia 23 tahun juga tak canggung memimpin skuat meski saat ini di Tim Garuda ada beberapa pemain yang lebih senior dari dirinya. Sebut saja seperti Fachruddin Ariyanto (29), Andritany Ardhiyasa dan Andik Vermansyah (26). 
 
“Jarak usia kami sekarang juga tidak jauh beda dengan pemain senior. Para pemain senior juga baik-baik. Kami sering sharing masalah tim. Jadi menurut saya tidak ada masalah,” kata Hansamu dikutip laman resmi PSSI. 
 
Bagi alumnus Universitas Negeri Yogyakarta itu, ajang Piala AFF tahun ini merupakan yang kedua kalinya dia ikuti. Dua tahun lalu, Hansamu juga masuk ke dalam skuat asuhan Alfred Riedl. Sayang, Indonesia harus puas menjadi runner-up setelah kalah agregat 2-3 dari Thailand di partai pamungkas. 
 
Dalam Piala AFF tahun ini, Indonesia akan tergabung di Grup B bersama Thailand, Filipina, Timor Leste, dan Singapura. Negara terakhir yang akan menjadi lawan pertama Tim Garuda. Kedua tim akan saling mengalahkan di National Stadium, Kallang, Jumat (9/11/2018) malam.

Sementara itu, Grab sebagai Official Mobile Platform Partner, berkomitmen menghadirkan dukungan kepada timnas Garuda yang bertanding di AFC Cup U-19 dan AFF Suzuki Cup 2018 dengan mengusung slogan Grab #KobarkanSemangatGaruda #KemenanganItuDekat.


Editor : Abdul Haris