Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia 2020, Timnas U-19 Tergabung di Grup K

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 09 Mei 2019 - 21:29 WIB
Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia 2020, Timnas U-19 Tergabung di Grup K

Pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini memberikan arahan saat seleksi pemain di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (25/4/2019). (Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

JAKARTA, iNews.id - Tim nasional Indonesia U-19 tergabung dengan Grup K Zona Timur kualifikasi Piala Asia 2020 U-19 bersama Korea Utara, Hong Kong dan Timor Leste. Indonesia juga akan berperan sebagai tuan rumah di babak tersebut.

Kepastian ini didapat setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melakukan pengundian grup babak kualifikasi di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (9/5/2019). Rencananya babak kualifikasi grup K bakal dihelat 2 hingga 10 November mendatang.

Meski menyadari lawan yang dihadapi bakal berat, Pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini mengaku puas dengan pembagian grup ini. Mantan pelatih timnas U-16 itu menegaskan akan berusaha semaksimal mungkin agar timnya bisa lolos ke putaran final.

“Ketiga lawan kami ini memiliki gaya dan karakter permainan yang berbeda. Kami harus waspada dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Yang jelas, kami akan bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita agar lolos ke putaran final Piala AFC U-19 2020,” ujarnya dikutip laman resmi PSSI.

Fakhri mengungkapkan dirinya akan menyeleksi permain terbaik untuk bergabung dengan skuat Garuda Nusantara. Dia pun sudah memiliki beberapa kriteria pemain yang dibutuhkan.

“Nantinya di susunan pemain Timnas U-19, kami akan akan memilih pemain-pemain yang mempunyai kualitas serta tangguh dalam hal fisik, teknik, skill, taktik, dan mental. Karena hanya pemain dengan kriteria hebat seperti itulah yang akan mampu mewujudkan impian kami,” katanya.

Babak kualifikasi Piala Asia U-19 akan diikuti 46 tim, dan dibagi menjadi dua zona, barat dan timur. Dari 11 grup tersebut hanya juara grup dan 4 posisi runner-up terbaik yang akan lolos ke putaran final.

Hasil Drawing

Zona Barat
Grup A: Irak (tuan rumah), Oman, Palestina, Kuwait, Pakistan
Grup B: Qatar (tuan rumah), Yaman, Turkmenistan, Sri Lanka
Grup C: Tajikistan (tuan rumah), Suriah, Lebanon, Maladewa
Grup D: Uni Emirat Arab, Iran (tuan rumah), Kyrgyzstan, Nepal
Grup E: Yordania, Bahrain (tuan rumah), Bangladesh, Bhutan
Grup F: Arab Saudi (tuan rumah), Uzbekistan, India, Afghanistan

Zona Timur
Grup G: Thailand, Malaysia, Kamboja (tuan rumah), Brunei Darussalam, Northern Mariana Islands
Grup H: Australia, Cina Taipei (tuan rumah), Makau, Laos
Grup I: Korea Selatan, Tiongkok, Myanmar (tuan rumah), Singapura
Grup J: Jepang, Vietnam (tuan rumah), Mongolia, Guam
Grup K: Indonesia (tuan rumah), Korea Utara, Hong Kong, Timor Leste.

Editor : Haryo Jati Waseso