Piala AFF 2018

Jadwal Timnas Indonesia Bentrok dengan Liga 1, Netizen Salahkan PSSI

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 10 November 2018 - 17:30 WIB
Jadwal Timnas Indonesia Bentrok dengan Liga 1, Netizen Salahkan PSSI

Timnas Indonesia sedang berjuang pada Piala AFF 2018.

KALLANG, iNews.id – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali dihujani kritik dari netizen. Kondisi tersebut terjadi akibat jadwal Liga 1 yang dibuat PSSI bentrok dengan pertandingan tim nasional Indonesia. 
 
Saat ini, Tim Garuda tengah melakoni Piala AFF 2018. Skuat asuhan Bima Sakti itu memulai kampanye dengan kekalahan 0-1 dari Singapura pada laga Grup B di National Stadium, Kallang, Jumat (9/11/2018) malam. 
 
Bukan kekalahan Hansamu Yama dkk yang membuat netizen murka, melainkan saat Indonesia bertanding, Liga 1 tetap bergulir di sore harinya. Ada tiga pertandingan yang digelar saat itu yakni Madura United melawan Bhayangkara FC, Persib Bandung kontra PSMS Medan dan Mitra Kukar bentrok Persela Lamongan. 
 
Kejadian itu tentu terbilang aneh. Sebab di negara lain, setiap timnas mereka sedang berlaga, kompetisi di level klub pasti diliburkan. Seorang pengguna Facebook yang memiliki akun bernama Ple Chelsea mengungkapkan kebingungannya dalam sebuah unggahan. 
 
“Hallo penggemar sepak bola Indonesia. Saya ingin mengajukan pertanyaan. Mengapa Liga sepak bola di negara Anda tidak libur ketika timnas sedang bermain? Saya benar-benar tidak mengerti. Karena hanya liga kalian yang seperti itu di dunia,” tulis Chelsea. 
 
Menanggapi unggahan itu, netizen Indonesia mengeluarkan sumpah serapahnya. Salah satunya akun Tony Lubis. Dia menganggap badan sepak bola Tanah Air itu mata duitan sehingga tidak ingin rugi akibat meliburkan liga demi timnas. Dalam kolom komentar, dia menulis PSSI, namun huruf S diganti dengan simbol dolar Amerika Serikat.  
 
Kemudian akun Jevin Grizka dan Dimas Wijaya Pranata secara gamblang mengungkapkan kalau PSSI bukan federasi yang bisa menjalankan kompetisi dengan baik.

Rasa kecewa netizen tersebut terbilang wajar.  Sebab, selain melanggar kode etik, kebijakan PSSI tersebut merugikan klub kontestan Liga 1. Mereka tetap harus mengarungi kompetisi ketika beberapa pilarnya bermain untuk timnas di Piala AFF. Sebut saja Persija Jakarta yang harus kehilangan kiper Andritany Ardhiyasa dan winger Riko Simanjuntak. 
 
Setelah ini, Indonesia akan menghadapi Timor Leste, Thailand dan Filipina. Saat menghadapi negara pertama, tidak ada pertandingan yang bergulir di Liga 1. Tapi ketika melawan Thailand, ada tiga partai yang dimainkan pada sore harinya yakni Perseru Serui versus Borneo FC, Barito Putera lawan Mitra Kukar dan PS TIRA kontra Sriwijaya FC.  
 
Kemudian saat Indonesia melawan Filipina, Liga 1 kembali bergulir yang mempertemukan PSM Makassar melawan Bali United.


Editor : Abdul Haris