UEFA Nations League

Jegal Pergerakan De Jong, Kunci Kemenangan Portugal atas Belanda

Reynaldi Hermawan ยท Senin, 10 Juni 2019 - 19:35 WIB
Jegal Pergerakan De Jong, Kunci Kemenangan Portugal atas Belanda

Pemain timnas Belanda Frenkie de Jong (kiri) dijaga ketat Bruno Fernandes pada final UEFA Nations League di di Estadio Do Dragao, Senin (10/6/2019) dini hari WIB. Pada pertandingan tersebut timnas Portugal menang dengan skor 1-0. (Foto: GABRIEL BOUYS

PORTO, iNews.id – Pelatih tim nasional Portugal Fernando Santos membeberkan rahasia kemenangan 1-0 atas Belanda pada final UEFA Nations League di Estadio Do Dragao, Senin (10/6/2019) dini hari WIB. Menurut dia, menyegel pergerakan gelandang De Oranje Frenkie De Jong menjadi kuncinya.

Pada laga tersebut, Selecao das Quinas sukses membuat Belanda tak berkutik. Buktinya, skuat asuhan Ronald Koeman itu hanya mampu sekali melepaskan tembakan ke gawang. Keberhasilan itu tak lepas karena De Jong mendapat pengawalan ketat dan tak bisa menyuplai bola kepada para striker.

“De Jong bermain normal di sebelah kiri lebih dekat dengan Bruno Fernandes. Kami menyadari kualitas gelandang yuang satu ini. Dia bisa menciptakan peluang mencetak gol dengan cara yang luar biasa. Dia punya potensi besar,” kata Santos dikutip Sportskeeda.

“Jika bisa membatasi kebebasannya, kami akan penuh suka cita. Instruksi saya kepada pemain yaitu harus memainkan bola kapan saja mereka memilikinya dan menyeimbangkan pertahanan dengan membatasi kebebasan De Jong,” ujarnya.

Terlepas dari strategi ampuh Santos, gol semata wayang Portugal pada laga tersebut dibukukan Goncalo Guedes pada menit ke-60 usai menerima assist Bernardo Silva. Bagi Cristiano Ronaldo dkk, ini merupakan gelar kedua yang mereka dapatkan sepanjang sejarah setelah Piala Eropa 2016.


Editor : Haryo Jati Waseso