Piala Super Eropa 2019

Jelang Bentrok Chelsea, Liverpool Miliki Kenangan Manis di Istanbul

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 21:47 WIB
Jelang Bentrok Chelsea, Liverpool Miliki Kenangan Manis di Istanbul

Pelatih Liverpool Juergen Klopp. (Foto: Ozan KOSE AFP)

ISTANBUL, iNews.id – Liverpool diselimuti rasa percaya diri jelang bentrok Chelsea pada Piala Super Eropa di Vodafone Park, Istanbul, Turki, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. The Reds punya kenangan manis di kota yang sebelumnya dikenal sebagai Byzantium dan Konstantinopel itu.

Klub Merseyside itu pernah mentas di Istanbul tepatnya Stadion Ataturk melawan AC Milan pada final Liga Champions 2005. Pecinta sepak bola tentu sepakat kalau itu merupakan salah satu final paling dramatis sepanjang sejarah.

Liverpool asuhan Rafael Benitez kala itu tertinggal tiga gol terlebih dulu pada babak pertama akibat torehan Paolo Maldini dan sepasang gol Hernan Crespo. Hebatnya, The Reds bangkit di paruh selanjutnya dan menyamakan kedudukan lewat aksi Steven Gerrard, Vladimir Smicer dan Xabi Alonso dalam waktu lima menit.

Skor imbang 3-3 bertahan hingga babak tambahan sekaligus memaksa duel berlanjut ke adu penalti. Pada fase tos-tosan, Liverpool akhirnya memastikan titel Liga Champions kelima setelah menang 3-2. Kenangan manis tersebut masih diingat Liverpudlian di seluruh dunia. Klopp ingin, catatan positif kembali terulang di laga dini hari nanti.

“Saya tahu betapa istimewanya Istanbul bagi Liverpool dan setiap pendukung. Tidak ada yang akan melupakan 2005. Tetapi kami memiliki pemain yang berbeda. Kami tim edisi 2019/2020 yang tidak kalah hebat,” kata Klopp di laman UEFA.

“Istanbul tempat yang bagus untuk sepak bola, saya pernah bermain di sini untuk Borussia Dortmund dan suasananya brilian. Ada komunitas besar pendukung Liverpool di Turki. Itu membuat kami merasa istimewa,” ujarnya.

Sejauh ini, Liverpool sudah tiga kali menjuarai Piala Super Eropa, yakni edisi 1977, 2001 dan 2005. Sedangkan pada periode 1978 dan 1984, mereka harus puas menjadi runner-up karena dikalahkan Klub Belgia Anderlecht 3-4 dan dibungkam Juventus 0-2. 
 
Jika berhasil menaklukkan The Blues pada laga nanti, Mohamed Salah dkk akan menyamai trofi Piala Super Eropa milik Real Madrid (2002, 2014, 2016 dan 2017). Namun, koleksi keduanya masih kalah dari Barcelona dan AC Milan yang sudah mengemas lima trofi.


Editor : Haryo Jati Waseso