Jelang Hadapi Timnas Indonesia, Pelatih Vanuatu Puji Liga 1

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 18:53 WIB
Jelang Hadapi Timnas Indonesia, Pelatih Vanuatu Puji Liga 1

Pelatih timnas Vanuatu Paul Munster (tengah). (Foto: Reynaldi Hermawan/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Pelatih tim nasional Vanuatu Paul Munster menyanjung tim nasional Indonesia jelang kedua tim bentrok pada laga uji coba resmi FIFA di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (15/6/2019) malam. Satu hal yang membuatnya kagum yakni liga sepak bola di Tanah Air yang kompetitif.

Menurutnya, Liga 1 sudah terstruktur dan menghasilkan pemain berkualitas. Dia melihat kondisi tersebut membuat Pelatih tim Garuda Simon McMenemy sangat mudah menentukan materi pemain untuk dibawa ke timnas.

Hal itu berbanding terbalik dengan Vanuatu yang liganya masih belum tertata dengan baik, dan hanya diikuti 8 tim. Situasi tersebut membuat Munster hanya memiliki opsi sedikit untuk menentukan pemain yang masuk ke timnas.

Saat ini, hampir semua pemain Vanuatu berlaga di  klub semiprofesional. Hanya dua pemain yang berstatus profesional, yaitu Azariah Soromon dan Brian Kaltac, yang bermain di Selandia Baru bersama Auckland City dan Southern United. 

“Saya rasa Simon sangat mudah untuk memilih pemain. Bisa dilihat dari jumlah populasi di Indonesia. Level liga di Indonesia juga sudah cukup bagus. Jadi, besok akan menjadi pertandingan yang menarik,” kata Munster.

Meski begitu, juru taktik berusia 37 tahun itu enggan minder. Munster sangat antusias menatap laga nanti karena bakal dijadikan ajang persiapan jelang Pacific Games 2019, Juli mendatang. Ditambah lagi, para pemainnya akan mendapat pengalaman berharga bisa tampil di stadion semegah SUGBK.

“Saya harap pertandingan besok berjalan bagus dan menarik. Banyak pemain kami belum pernah datang ke stadion seperti ini. Tantu ini akan menjadi pengalaman besar bagi mereka,” ujar nakhoda asal Irlandia Utara itu.


Editor : Haryo Jati Waseso