UEFA Nations League

Jelang Inggris Lawan Belanda, Southgate: Gelar Juara Penting untuk Kami

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 06 Juni 2019 - 09:00 WIB
Jelang Inggris Lawan Belanda, Southgate: Gelar Juara Penting untuk Kami

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate. (Foto: Andrej ISAKOVIC/AFP)

GUIMARAES, iNews.id - Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate bertekad meraih gelar juara UEFA Nations League. The Three Lions berpeluang melaju ke final jika mampu mengalahkan timnas Belanda pada semifinal di Estadio Afonso Henrique, Jumat (7/6/2019) dini hari WIB.

Inggris memang belum bisa meraih satu trofi pun, semenjak memenangkan Piala Dunia 1966. Southgate pun yakin timnya bisa meraih gelar juara UEFA Nations League dengan komposisi pemain yang dimilikinya saar ini.

“Penting bagi Inggris untuk meraih gelar dan memenangkan laga penting. Kami ingin menciptakan kebiasaan tersebut. Kami memiliki pemain yang lapar untuk bisa melakukannya,” kata Southgate dikutip Sky Sports.

Juru taktik berusia 48 tahun tersebut menegaskan tak mau timnya dianggap sebagai penggembira belaka di ajang ini. Apalagi di level klub, tim Inggris telah membuktikan kualitasnya dengan menyapu bersih posisi di final Liga Champions melalui Liverpool dan Tottenham Hotspur, serta Liga Europa (Chelsea dan Arsenal).

“Mereka tak lagi senang hanya sekadar tampil dan bermain bagus saja, karena kini memiliki harapan tinggi. Mereka sudah terbiasa menang di klub masing-masing, dan kami ingin membangun mental juara bersama timnas,” ujarnya.

Mantan pelatih Middlesbrough tersebut optimistis Inggris bisa menaklukkan Belanda pada babak semifinal. Namun, Southgate berharap pemainnya bisa tampil maksimal pada pertandingan itu.

“Kami berharap bisa bermain bagus dan memenangkan laga. Kami yakin mampu melakukannya. Tantangan bagi kami adalah bagaimana cara melakukannya di semifinal, dan saya tak sabar menghadapinya,” tutur Southgate.


Editor : Haryo Jati Waseso