Jelang Lakoni Piala AFF 2018, Bima Sakti Dinasihati Didier Deschamps

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 09 November 2018 - 11:32 WIB
Jelang Lakoni Piala AFF 2018, Bima Sakti Dinasihati Didier Deschamps

Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti (kiri) memimpin latihan timnya di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Kamis (8/11/2018). (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

KALLANG, iNews.id – Pelatih tim nasional Indonesia Bima Sakti tinggal menghitung jam akan mengawal Hansamu Yama dkk mengarungi Piala AFF 2018. Dia mengaku sempat mendapat nasihat dari juru taktik timnas Prancis Didier Deschamps jelang melakoni hajatan sepak bola terbesar se-Asia Tenggara itu. 
 
Beban Coach Bima memang sangat berat di Piala AFF tahun ini. Pria Balikpapan itu baru ditunjuk beberapa pekan sebelum turnamen bergulir untuk menggantikan Luis Milla. Walau masih anyar, dia sudah ditargetkan membawa Tim Garuda jadi kampiun. 
 
Sadar pengalamannya minim dan amanah yang diemban cukup besar, Coach Bima tak berkecil hati. Sebab, dia sempat mendapat wejangan dari Deschamps, nakhoda tangguh yang berhasil mengantarkan Les Bleus juara Piala Dunia 2018. 
 
“Saya optimistis bisa mencapai misi juara yang ditargetkan. Semua tim punya peluang termasuk kami. Saya pernah ke London dan bertemu Deschamps. Di sana, dia bilang kepada saya, tidak ada pelatih di dunia yang bisa menjamin sebuah tim akan menjadi juara dalam sebuah kompetisi,” kata Bima. 
 
“Tapi Deschamps juga bilang, seorang pelatih harus bisa menemukan cara agar permainan timnya berjalan bagus dan jadi juara. Jadi, saya tidak bisa menjamin Indonesia akan juara. Tapi saya akan berusaha membawa negara ini berprestasi di Piala AFF tahun ini,” mantan pesepak bola yang pernah menimba ilmu di Sampdoria itu menambahkan. 
 
Piala AFF tahun ini merupakan debut pertama Coach Bima menangani Indonesia di sebuah kompetisi. Tim Garuda masuk ke dalam Grup B bersama Thailand, Filipina, Timor Leste, dan Singpura. 
 
Negara terakhir akan menjadi lawan pertama pasukan Bima di ajang tersebut. Kedua tim akan saling mengalahkan di National Stadium, Kallang, Jumat (9/11/2018) dan disiarkan langsung RCTI mulai pukul 17.45 WIB. 

Sementara itu, Grab sebagai Official Mobile Platform Partner, berkomitmen menghadirkan dukungan kepada timnas Garuda yang bertanding di AFC Cup U-19 dan AFF Suzuki Cup 2018 dengan mengusung slogan Grab #KobarkanSemangatGaruda #KemenanganItuDekat.


Editor : Abdul Haris