Jika Latih Barca, Xavi Ingin Datangkan Dua Bintang Muda

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 29 Maret 2020 - 23:00 WIB
Jika Latih Barca, Xavi Ingin Datangkan Dua Bintang Muda

Xavi Hernandez. (Foto: AFP)

DOHA, iNews.id - Mantan bintang Barcelona, Xavi Hernandez, mengaku masih melatih klub lamanya. Jika dapat kesempatan melatih Barca, dia ingin memboyong dua pemain muda potensial.

Xavi pernah jadi calon kuat kandidat pengganti Ernesto Valverde yang dipecat pada 14 Januari 2020. Dua petinggi Barcelona, CEO Oscar Grau dan Direktur Olahraga Eric Abidal secara khusus sudah menemui Xavi yang kini menangani klub Qatar Al Sadd. 

Namun, upaya Barca tak membuahkan hasil. Xavi menolak tawaran melatih Barca. Penolakan itu tak lepas dari sikapnya mengkritik keputusan manajemen Barca  yang memecat Valverde. Manajemen Barcelona kemudian memilih Quique Setien sebagai pelatih baru Lionel Messi dan kawan-kawan. 

Dalam wawancara dengan La Vanguardia, Xavi mengungkapkan bahwa dirinya masih punya keinginan melatih klub yang membesarkan namanya. Kalaupun suatu saat Barca bersedia memberinya kesempatan, Xavi ingin membangun Barca dengan pondasinya sendiri. 

“Sudah jelas saya ingin kembali ke Barcelona. Setelah melatih beberapa saat, saya yakin bisa memberikan hal baru kepada pemain. Tetapi, saya sudah menegaskan ingin memulai proyek dari nol,” kata Xavi.

Mantan kapten timnas Spanyol itu yakin bisa menghadirkan hal berbeda jika nantinya dapat kesempatan membesut Barcelona. Xavi juga membocorkan siapa saja pemain yang dia inginkan. 

“Saya tidak punya masalah. Saya ingin bekerja bersama orang-orang yang bisa memberikan keyakinan dan memiliki kesetiaan. Tidak boleh ada sosok merugikan di dalam ruang ganti,” ujarnya.

“Saya tidak yakin jika Neymar akan cocok, karena perkara sosial. Sebagai pesepak bola, dia pemain yang hebat. Namun, mereka tidak membutuhkan banyak pemain baru. Mungkin hanya Jadon Sancho atau Serge Gnabry,” tutur Xavi.

Editor : Arif Budiwinarto