Formula 1

Juara GP Spanyol, Hamilton Raih Kemenangan Ketiga Musim Ini

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 12 Mei 2019 - 22:12 WIB
Juara GP Spanyol, Hamilton Raih Kemenangan Ketiga Musim Ini

Pembalap tim Formula One (F1) Mercedes-AMG Lewis Hamilton meraih kemenangan pada Grand Prix (GP) Spanyol di Sirkuit Barcelona, Minggu (12/5/2019) malam WIB. (Foto: AFP)

BARCELONA, iNews.id – Pembalap tim Formula One (F1) Mercedes-AMG Lewis Hamilton meraih kemenangan pada Grand Prix (GP) Spanyol di Sirkuit Barcelona, Minggu (12/5/2019) malam WIB. Keberhasilan itu merupakan yang ketiga pada musim ini, usai sebelumnya juga memenangkan GP Bahrain dan China pada April lalu. 
 
Memulai balapan dari posisi kedua, Hamilton langsung mendahului rekan satu timnya Valtteri Bottas pada putaran pertama. Pada saat yang bersamaan, pembalap Red Bull Racing Max Verstappen pun menyalip andalan Scuderia Ferrari Sebastian Vettel. 
 
Vettel yang mengalami permasalahan pada ban mobinya terus kehilangan waktu. Hal itu membuatnya harus membiarkan rekan satu timnya Charles Leclerc untuk mendahului untuk posisi keempat pada putaran ke-12. 
 
Pada putaran ke-21, Verstappen memutuskan untuk mengganti bannya terlebih dahulu. Dia berharap ban yang lebih baru bisa digunakannya untuk mengejar duo Mercedes yang memimpin jauh ke depan. Tak lama kemudian, Bottas pun merespon dan mengganti bannya.  
 
Hamilton yang nyaman menempati posisi terdepan pun tak mengalami kesulitan untuk menjauh. Dia bahkan mampu membukukan sejumlah catatan waktu tercepat. Pembalap asal Inggris itu bahkan tak terkejar usai mengganti bannya. 
 
Drama kemudian terjadi pada putaran ke-46, setelah pembalap McLaren Lando Norris bersinggungan dengan mobil Racing Point milik Lance Stroll di tikungan kedua. Karena terlalu banyak serpihan, Safety Car pun dikirim untuk membersihkan lintasan. 
 
Kesempatan itu pun dimanfaatkan seluruh pembalap untuk mengganti bannya untuk kedua kalinya. Namun, Hamilton tetap berada di depan hingga Safety Car menyingkir pada putaran ke-50.

Bottas sempat berusaha untuk memberi perlawanan, tetapi Hamilton mampu mempertahankn posisinya hingga balapan usai.


Editor : Abdul Haris