Piala Dunia 2018

Juara Grup F, Pelatih Swedia: Saya Bangga dengan Tim Ini

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 28 Juni 2018 - 06:13 WIB
Juara Grup F, Pelatih Swedia: Saya Bangga dengan Tim Ini

Pelatih tim nasional Swedia Janne Andersson mengaku bangga dengan anak asuhnya setelah berhasil keluar sebagai juara Grup F. (Foto: Sky Sports)

YEKATERINBURG, iNews.id – Pelatih tim nasional Swedia Janne Andersson mengaku bangga dengan anak asuhnya setelah berhasil keluar sebagai juara Grup F Piala Dunia 2018. Hasil membanggakan itu diraih usai tim berjuluk Blagult itu menang telak 3-0 atas Meksiko pada laga pamungkas di Stadion Ekaterinburg Arena, Rabu (27/6/2018) malam WIB.

Berkat tambahan tiga angka, Swedia kokoh di puncak klasemen dengan nilai enam. Poin yang mereka kumpulkan sama dengan Meksiko di tangga kedua namun unggul selisih gol. Andersson tak menyangka bisa membawa timnya jadi jawara dan lolos ke fase gugur, mengingat grup tersebut diisi juara bertahan Jerman yang justru gagal ke babak 16 besar.

Pada laga tersebut, Swedia sebenarnya banyak ditekan Meksiko. Statistik mencatat, sang lawan lebih mendominasi pertandingan dengan menguasai 65 persen bola yang bergulir. Namun dengan mental baja, pasukan Andersson tak gentar meladeni permaianan cepat El Tri.

Alhasil, Swedia sukses membukukan tiga gol sekaligus berkat torehan Ludwig Augustinsson pada menit ke-50. Kemudian kapten Andreas Granqvist (62) berhasil menggandakan kedudukan lewat titik putih. Gol penutup Swedia tercipta akibat gol bunuh diri bek Meksiko Edson Alvarez.

Melihat penampilan anak asuhnya, Andersson mengaku sangat senang dan tak segan menggelontorkan banyak pujian.

“Kami benar-benar bekerja sebagai tim. Kami melakukan segalanya untuk menciptakan peluang mencetak gol. Saya sangat bangga dan kagum melihat cara bermain anak asuh saya di berbagai lini,” kata Andersson dikutip The National.

Setelah ini, Swedia akan berjumpa Swiss di babak 16 besar. Pasalnya Swiss kalah bersaing dengan Brasil yang keluar sebagai juara Grup E. 


Editor : Achmad Syukron Fadillah