Kalahkan Hong Kong, Timnas U-19 Selangkah Lagi ke Piala Asia 2020

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 08 November 2019 - 20:55 WIB
Kalahkan Hong Kong, Timnas U-19 Selangkah Lagi ke Piala Asia 2020

Striker Timnas Indonesia U-19 Bagas Kaffa (2) berselebrasi dengan saudara kembarnya Bagus Kahfi usai menjebol gawang Hong Kong U-19 pada Kualifikasi Grup K Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (8/11/2019) malam. (Foto: ANTARA/Aditya

JAKARTA, iNews.id - Timnas Indonesia U-19 sukses pesta gol 4-0 atas Hong Kong U-19 pada matchday kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (8/11/2019) malam.

Hasil ini membuka peluang Garuda Nusantara menembus putaran final Piala Asia U-19 di Uzbekistan tahun depan. Saat ini, Indonesia memuncaki klasemen sementara Grup K dengan poin 6, setelah sebelumnya juga menang 3-1 atas Timor Leste, Rabu (6/11/2019).

Pasukan Fakhri Husaini unggul dua angka dari Korea Utara (Korut) yang ada di posisi kedua. Pada laga sebelumnya, Korut menang 4-0 atas Timor Leste. Di peringkat ketiga dan keempat bertengger Hong Kong (1) dan Timor Leste (0).

Dengan begitu, Bagus Kahfi dkk hanya butuh hasil imbang pada laga terakhir kontra Korut untuk menjadi juara grup sekaligus memastikan tiket ke Uzbekistan, Minggu (10/11/2019). Kalau pun kalah, Indonesia bisa berharap menjadi salah satu dari lima runner up terbaik.

Yang pasti, meladeni Hong Kong, sejak awal Garuda Nusantara menunjukkan permainan menyerang. Laga baru berjalan enam menit, Indonesia sudah mendapat peluang. Namun, tembakan bebas Beckham Putra masih bisa ditepis Kiper Hong Kong Lo Siu Kei.

Indonesia kemudian terus menebar ancaman ke area pertahanan Hong Kong. Pada menit ke-11, Fajar Fathur Rahman mampu melewati pemain Hong Kong dan memberikan umpan kepada Mochammad Supriadi. Tetapi, serangan mereka bisa dihalau lawan.

Akhirnya Indonesia berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-24. Bagas Kaffa memaksimalkan umpan dari David Maulana dan menjebol gawang Hong Kong lewat sontekannya. Lo Siu Kei pun tak berdaya dibuatnya.

Kejadian itu memantik semangat Indonesia untuk tampil semakin menekan. Mereka pun sukses menggandakan keunggulannya pada menit ke-29. Mendapat umpan datar Supriadi, Fajar Fathur menyodok bola ke gawang lawan.

Garuda Nusantara terus berusaha untuk mencari celah pada pertahanan Hong Kong. Pada menit ke-33, Supriadi menampilkan aksi individu yang apik dalam membongkar lini belakang lawan. Namun, gerakannya masih bisa dihentikan bek Hong Kong.

Unggul, Indonesia mulai menurunkan tempo permainannya. Hong Kong pun memanfaatkannya untuk menembus lini belakang Garuda Nusantara. Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak pertama usai.

Begitu babak kedua dimulai, Indonesia kembali tampil menyerang. Mereka pun kembali mendapat peluang pada menit ke-47. Namun, tembakan Bagus Kahfi masih belum menemui sasaran melambung ke atas mistar gawang.

Indonesia terus memberikan ancaman kepada lini belakang Hong Kong. Peluang kembali ditebarkan Bagus pada menit ke-55 yang berbuah gol. Namun, wasit menganulirnya karena Bagus dianggap offside.

Skuat Garuda Nusantara berhasil memperlebar keunggulannya pada menit ke-60. Tendangan bebas David Maulana berhasil mengoyak gawang Hong Kong. Lo Siu Kei berusaha menghalaunya, namun tak bisa menghentikan laju bola.

Memasuki menit ke-73, Indonesia terus menguasai bola dan memperoleh peluang. Sutan Zico melepaskan tembakan kerasnya ke gawang Hong Kong. Namun, serangannya masih bisa dihentikan oleh pemain lawan.

Garuda Nusantara kemudian kembali menambah pundi golnya ketika memasuki masa injury time. Kali ini gol tercipta lewat titik penalti setelah akselerasi Bagas Kaffa dijatuhkan di kotak terlarang. Bagus Kahfi yang menjadi eksekutor sukses melaksanakan tugasnya dengan baik.

SUSUNAN PEMAIN  
INDONESIA U-19 (4-3-3)  
Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Salman Alfarid; Brylian Aldama, David Maulana, Beckham Putra (Braif Fatari 86); Bagus Kahfi, Mochammad Supriadi (Imam Zakiri 77), Fajar Fathur Rahman (Sutan Zico 65) 
Pelatih: Fakhri Husaini

HONG KONG U-19 (3-5-2)  
Lo Siu Kei; Leung Yau Wai, Wong Chun, Chan Yung Tung; Lai Pui Kei, Chan Shinichi, Cheng Chun Wang Ryan, Chiu Wan Chun, Yu Jesse; Tong Connor Hew Fung, So Dick On 
Pelatih: Amason Tholakur Mararnason


Editor : Abdul Haris