Kalahkan Salah dan Ronaldo, Modric Pemain Terbaik Dunia 2018

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 25 September 2018 - 02:59 WIB
Kalahkan Salah dan Ronaldo, Modric Pemain Terbaik Dunia 2018

Gelandang Real Madrid dan Kroasia Luka Modric meraih penghargaan pemain terbaik 2018 di Royal Festival Hall, Southbank London, Selasa (25/9/2018) dini hari WIB. (Foto: FIFA)

LONDON, iNews.id – Gelandang Real Madrid dan Kroasia Luka Modric meraih penghargaan pemain terbaik dunia 2018 di Royal Festival Hall, Southbank London, Selasa (25/9/2018) dini hari WIB. Dia berhasil mengalahkan dua kandidat teratas lainnya yakni striker Juventus Cristiano Ronaldo dan winger Liverpool Mohamed Salah.

Modric dipilih dewan juri sebagai yang terbaik usai berhasil membawa Madrid juara Liga Champions tiga edisi beruntun. Mantan pemain Tottenham Hotspur itu juga sukses mengantarkan timnas Kroasia menjadi finalis Piala Dunia 2018.

Bagi tim berjuluk Vatreni itu, mencicipi partai pamungkas merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah. Sayang, di fase itu, Modric dkk kalah 2-4 dari Prancis. Biar gagal angkat piala, Modric tetap berhasil menyabet golden ball alias pemain terbaik Piala Dunia.

“Saya merasa senang dan bangga bisa berada di sini. Salam hormat juga untuk Ronaldo dan Salah. Saya mengucapkan terima kasih untuk rekan setim di Madrid dan Kroasia. Trofi ini untuk keluarga dan semua orang yang mendukung saya,” kata Modric.



Sementara itu, penghargaan gol terbaik jatuh ke tangan Salah. Torehannya ke gawang Everton pada Premier League musim lalu di Anfield, Desember 2017, dianggap yang terbaik. Karyanya mengalahkan gol salto Ronaldo saat masih berseragam Madrid ke gawang Juventus di leg pertama perempat final Liga Champions musim lalu.

Kemudian penghargaan suporter terbaik jatuh ke tangan fans Peru. Sebanyak 40.000 fans Peru datang ke Rusia untuk menyaksikan negaranya berlaga di Piala Dunia 2018. Kekompakan mereka patut diacungi jempol.

Sementara penghargaan fair play diberikan kepada striker klub Turki BB Erzurumspor Lennart Thy. Musim lalu saat masih memperkuat klub Belanda VVV Venlo, Thy rela absen membela timnya melawan PSV Eindhoven di Eredivise, 18 April, untuk memberikan donor darah kepada pasien yang menderita leukimia.

Tanpa dirinya, Venlo takluk 0-3. Tapi dia tetap diberikan penghormatan saat usai laga oleh seluruh penonton di Philips Stadium kala itu. Thy juga dinobatkan sebagai man of the match pada laga tersebut meski tak bermain. Kemurahan hatinya membuat FIFA tak segan memilihnya sebagai pemain paling fair play.

Berikut peraih penghargaan lainnya:

1. Pemain Terbaik Pria
Luka Modric (Real Madrid, Kroasia)

2. Pemain Terbaik Wanita
Marta (Orlando Pride, Brasil)

3. Pelatih Terbaik Pria
Didier Deschamps (timnas Prancis)

4. Pelatih Terbaik Wanita
Reynald Pedros (Olympique Lyon Wanita)

5. Kiper Terbaik
Thibaut Courtois (Real Madrid, Belgia)

6. Penghargaan Fair Play
Lennart Thy (BB Eruzunspor)


7. Gol Terbaik
Mohamed Salah Vs Everton di Premier League

8. Suporter Terbaik
Suporter Peru

9. Starting XI Terbaik (4-2-3-1)
David De Gea; Dani Alves, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Luka Modric, N’Golo Kante; Eden Hazard, Lionel Messi, Kylian Mbappe; Cristiano Ronaldo

Editor : Achmad Syukron Fadillah