Kalahkan Thailand 13-0, Timnas Wanita AS Ukir Sejarah di Piala Dunia

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 10:03 WIB
Kalahkan Thailand 13-0, Timnas Wanita AS Ukir Sejarah di Piala Dunia

Striker timnas wanita Amerika Serikat Alex Morgan (tengah) merayakan satu dari lima golnya ke gawang Thailand pada penyisihan grup Piala Dunia Wanita 2019 di Auguste-Delaune Stadium, Reims, Pranics, Rabu (12/6/2019) dini hari WIB. (Foto: AFP)

REIMS, iNews.id – Tim nasional Wanita Amerika Serikat (AS) mengukir tinta emas baru di Piala Dunia. Catatan positif tersebut mereka dapatkan setelah berpesta 13-0 atas Thailand pada matchday pertama penyisihan Grup F Piala Dunia Wanita 2019 di Stade Aguste Delaune II, Prancis, Rabu (12/6/2019) dini hari WIB. 
 
Pada laga tersebut, 13 gol kemenangan Negeri Paman Sam hadir berkat sumbangan Alex Morgan pada menit ke-12, 53, 74, 81 dan 87 serta torehan Rose Lavelle (20 dan 56), Lindsay Horan (32), Samantha Mewis (50 dan 54), Megan Rapinoe (79), Mallory Pugh (85), dan Carly Lloyd (90). 
 
Dilansir Opta, itu merupakan kemenangan terbesar sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia baik itu wanita atau pria.

Sementara bagi Morgan, dia menjadi pemain kedua di Piala Dunia Wanita yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan setelah seniornya Michelle Akers ke gawang Taiwan pada edisi 1991. 
 
Sadar timnya menang dengan skor yang fantastis, Pelatih AS Jill Ellis tak ingin larut dalam euforia. Sebab menurutnya, ini masih laga perdana dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk angkat piala. 
 
“Setelah ini, kami akan duduk dan menonton film. Selalu ada hal-hal yang harus kami sempurnakan dan poles. Kemenangan ini cara yang bagus untuk memulai turnamen. Ini membuat para pemain senang. Ini tentang membangun momentum,” kata Ellis dilansir Sportskeeda
 
Tak lupa, juru taktik 52 tahun itu juga memberikan sanjungan setinggi langit kepada Morgan. Total hingga kini, wanita 29 tahun yang kini memperkuat klub Orlando Pride itu sudah membukukan 106 gol dari 164 penampilan bersama negaranya. 
 
“Saya pikir Alex sangat ketat dan rapi di dalam kotak penalti lawan. Dia memanfaatkan peluang dengan baik dan berhasil menciptakan beberapa gol kelas dunia. Gol itu bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri,” ujarnya. 
 
Berkat kemenangan tersebut, AS kini memimpin klasemen Grup F berbekal nilai 3, setara dengan Swedia di tangga kedua namun unggul selisih gol. Selanjutnya, Morgan dan kolega akan menghadapi Chile pada matchday kedua grup di Parc des Princes, Minggu (16/6/2019) malam WIB. 
 
Sepanjang sejarah, AS merupakan tim wanita yang paling sering juara dunia yakni tiga kali pada edisi 1991, 1999 dan 2015. Di posisi kedua ada Jerman (2) serta Jepang dan Norwegia yang sama-sama baru sekali mencicipi nikmatnya juara. 
 


Editor : Abdul Haris