Kickoff Liga 1 2019 Diundur Sepekan, Ini 2 Alasannya

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 24 April 2019 - 14:30 WIB
Kickoff Liga 1 2019 Diundur Sepekan, Ini 2 Alasannya

Liga 1 2019 yang semula akan mulai bergulir 8 Mei diundur sepekan menjadi 15 Mei. (Foto: Liga 1)

JAKARTA, iNews.id – PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan Liga 1 2019 yang semula akan mulai bergulir 8 Mei diundur sepekan menjadi 15 Mei. Hal tersebut terjadi lantaran permintaan pihak sponsor dan juga masalah politik. 
 
Belakangan ini, beberapa klub memang kesulitan mendapat izin keamanan setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 digelar Rabu (17/4/2019) lalu. Sebut saja seperti laga Persija Jakarta kontra Klub Filipina Ceres Negros pada matchday keempat Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (23/4/2019) kemarin. 
 
Awalnya, laga tersebut dikabarkan digelar tanpa penonton demi alasan keamanan meski akhirnya pihak kopolisian memberikan akses masuk kepada The Jakmania yang sudah memiliki tiket sesaat sebelum kick off. Laga tersebut akhirnya dimenangkan tim tamu dengan skor 2-3. 
 
“Iya saya pastikan Liga 1 mundur menjadi tanggal 15 Mei karena permintaan pihak sponsor. Selain itu, ada beberapa daerah yang belum bisa menggelar pertandingan karena situasi politik,” kata Manajer Media dan Hubungan Publik Hanif Marjuni. 

“Sponsor sudah meminta tanggal 15 dan permohonan tersebut disetujui semua klub kontestan. Pertimbangan utama kami memang sponsor, lalu melihat situasi di beberapa daerah yang belum kondusif,” ujarnya. 
 
Dengan mundurnya jadwal, akan ada perubahan draft jadwal Liga 1. Sebelumnya, PT LIB sempat merilis draft jadwal Liga 1 yang sudah didistribusikan kepada klub. Terkait hal tersebut, Hanif menyebut pihaknya sudah siap. 
 
“Soal jadwal, kami sebelumnya sudah punya opsi-opsi yang bisa digunakan. Jadi kami sudah siapkan draft yang baru. Jadwal yang sebelumnya kami sudah sebarkan ke klub, akan kembali direvisi,” ujarnya. 


Editor : Abdul Haris