Kiper Timnas Indonesia U-16 Asah Kepercayaan Diri Lewat Program Garuda Select

Bagusthira Evan Pratama ยท Minggu, 23 Februari 2020 - 12:53 WIB
Kiper Timnas Indonesia U-16 Asah Kepercayaan Diri Lewat Program Garuda Select

Kiper Persija Jakarta U-16, Risky Sudirman bergabung dengan Garuda Select angkatan kedua (Foto: Dok Garuda Select)

BIRMINGHAM, iNews.id - Berbagai program latihan dan uji coba yang dijalani Garuda Select selama di Eropa memberi dampak positif untuk sejumlah pemain termasuk Risky Sudirman. Kiper Timnas Indonesia U-16 itu kini lebih percaya diri khususnya saat menghadapi tim-tim besar.

Sebelumnya Risky minim pengalaman sehingga hanya tahu soal teknik menangkap dan menepis bola. Namun di Garuda Select, dia diajarkan banyak hal seperti misalnya keputusan mengoper bola serta berkomunikasi antar pemain.

"Kami jadi terbiasa menghadapi lawan dari klub-klub besar seperti Juventus dan Inter. Dari situ, saya pribadi merasa lebih percaya diri ketika bermain," ucap Risky dalam rilis yang diterima iNews.id.

"Materi pelatihan di sini cukup mendetil. Jadi kita tidak terlalu diminta untuk berlatih metode klasik. Kiper juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengumpan bola, kapan harus menahan," ujarnya.

Risky merupakan kiper Garuda Select dari angkatan pertama yang dipanggil lagi oleh pelatih kepala, Dennis Wise serta Des Walker. Untuk memperebutkan tempat di bawah mistar gawang, dia harus bersaing dengan Erlangga Setyo dan Yogi Hermawan.

"Saya dan dua kiper lain sering berkomunikasi di luar lapangan, termasuk soal materi latihan. Sebenarnya semua pemain di sini akrab, jadi lebih mudah untuk saling mengingatkan," tuturnya.

Editor : Bagusthira Evan Pratama