UEFA Nations League

Klub Premier League Kuasai Kompetisi Eropa, Southgate Ingin Beri Trofi Serupa

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 03 Juni 2019 - 11:57 WIB
Klub Premier League Kuasai Kompetisi Eropa, Southgate Ingin Beri Trofi Serupa

Gareth Southgate (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id - Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate, bertekad mengakhiri puasa gelar The Three Lions yang sudah berlangsung selama 53 tahun dengan memenangi UEFA Nations League. Langkah Harry Kane dan kolega tinggal berjarak dua laga lagi dengan trofi kompetisi tersebut. 
 
Inggris sukses melangkah ke semifinal setelah lolos sebagai juara Grup 4 UEFA Nations League A, mengungguli Spanyol dan Kroasia. Semifinalis Piala Dunia 2018 tersebut akan menghadapi Swiss di Estadio Afonso Henriques, Portugal, pada Jumat (7/6/2019) dini hari WIB. 

Southgate yakin para pemainnya juga merasakan keinginan yang sama untuk mempersembahkan trofi bagi Inggris. 
 
“Kami benar-benar tidak sabar menanti kesempatan untuk mengakhiri musim dengan baik. Saya tahu para pemain juga sangat bersemangat dan hanya tinggal dua pertandingan lagi untuk memenangi trofi. Tentu trofi tersebut akan menjadi langkah signifikan buat kami,” kata Southgate di laman resmi Inggris. 
 
Momentum bagus tengah didapat Inggris setelah penampilan impresif mereka di Piala Dunia 2018. Selain itu, dua klub asal Inggris, Chelsea dan Liverpool, sukses menjadi juara dua kompetisi antarklub Eropa, yakni Liga Eropa dan Liga Champions.  
 
Dominasi Inggris di kompetisi tersebut kian terasa mengingat Liga Europa dan Liga Champions sama-sama menciptakan All English Final. Pelatih berusia 43 tahun itu yakin penggawanya bisa memberikan performa serupa di level timnas. 
 
“Pekan-pekan ini sangat luar biasa untuk sepak bola Inggris. Kami akan menghadapi pertandingan besar, jadi semua pemain harus siap,” ujarnya. 
 
Demi mewujudkan ambisi tersebut, Southgate memanggil 27 pemain untuk bersiap menghadapi UEFA Nations League sejak akhir Mei 2019. Nantinya sebanyak 22 pemain akan diboyong ke Portugal guna membawa pulang trofi UEFA Nations League edisi perdana.


Editor : Abdul Haris