Korsel Mengundurkan Diri, China Tuan Rumah Piala Asia 2023

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 14:46 WIB
Korsel Mengundurkan Diri, China Tuan Rumah Piala Asia 2023

Federasi Sepak Bola Asia. (Foto: AFC)

SEOUL, iNews.id - Korea Selatan memutuskan untuk mundur dari pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023. Karena itu, China dipastikan menggelar kejuaraan sepak bola antarnegara Asia itu.

Korsel memutuskan hal itu karena mereka juga mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita bersama Korea Utara. Keputusan Korsel cukup beralasan karena pesaingnya menyelenggarakan Piala Dunia Wanita cukup berat, yaitu Argentina, Australia, Bolivia, Brasil, Kolombia, Jepang, Selandia Baru dan Afrika selatan.

“Kami harus memilih antara Piala Asia atau Piala Dunia Wanita. Kami memilih fokus ke Piala Dunia Wanita. Pada Piala Dunia Wanita, pihak FIFA dan pemerintahan saling mendukung untuk diadakan di dua negara Korea,” kata sekjen Federasi Sepak Bola Korsel (KFA) Chun Hanjin dikutip Euronews.

Keputusan Korsel menyusul Thailand yang sudah lebih dulu memilih mengundurkan diri dari pencalonan. Hal tersebut memberi jalan kepada China untuk menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya. Negara berpenduduk terbesar di dunia itu pertama kali menjadi tuan rumah Piala Asia pada 2004 silam.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dijadwalkan bakal secara resmi mengumumkannya pada 4 Juni 2019. Untuk menggelar Piala Asia 2023, China diketahui telah menyiapkan stadion megah dan berkapasitas besar yang tersebar di berbagai wilayahnya.


Editor : Haryo Jati Waseso