UEFA Nations League

Kroasia Kalahkan Spanyol, Belgia Taklukkan Islandia

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 16 November 2018 - 05:01 WIB
Kroasia Kalahkan Spanyol, Belgia Taklukkan Islandia

Para pemain timnas Kroasia merayakan gol mereka ke gawang Spanyol pada lanjutan UEFA Nations League di di Stadion Maksimir, Zagreb, Jumat (16/11/2018) dini hari WIB. (Foto: AFP)

ZAGREB, iNews.id – Tim nasional Spanyol takluk 2-3 saat sowan ke markas Kroasia di Stadion Maksimir, Zagreb pada Grup 4 Liga A UEFA Nations League, Jumat (16/11/2018) dini hari WIB. Di Grup 2, Belgia berhasil menang 2-0 atas Islandia di Stade Rui Baudouin. 
 
Berstatus tim tamu tak membuat La Furia Roja canggung mendominasi permainan. Namun, tuan rumah yang dituntut meraih tiga poin untuk menjaga kans lolos ke fase selanjutnya, menggalang pertahanan solid hingga membuat para penggawa Spanyol kesulitan untuk menembak. 
 
Skuat asuhan Zlatko Dalic itu juga mengandalkan serangan-serangan balik cepat yang membuat pertahanan tim tamu kewalahan. Pada menit ke-18, Ivan Perisic memiliki peluang lewat sepakan kerasnya namun masih bisa ditepis kiper Spanyol David De Gea. 
 
Mencoba balik menekan, La Furia Roja menyerang dari sayap lapangan mengandalkan akselerasi mumpuni Jordi Alba. Sayang, umpan-umpan dari bek Barcelona itu belum bisa dimaksimalkan rekan setimnya dengan baik. Skor kacamata bertahan hingga turun minum. 
 
Memasuki babak kedua tepatnya menit ke-54, Kroasia akhirnya bisa memecah kebuntuan. Berawal dari kelengahan pemain bertahan Spanyol, bola bisa dicuri Ivan Rakitic yang langsung memberikan umpan ke Andrej Kramaric. Dengan tenang, Kramaric melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang sukses mengoyak gawang De Gea. 
 
Tertinggal satu gol membuat tim besutan Luis Enrique menaikkkan intensitas serangan. Tak tunggu lama, juara dunia 2010 itu bisa menyamakan kedudukan dua menit kemudian. Daniel Ceballos berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai mendapat assist dari Isco Alarcon. 
 
Namun, Kroasia kembali unggul pada menit ke-69 lewat tandukan bek Tin Jedvaj setelah memanfaatkan umpan sepak pojok dari Luka Modric. Sadar timnya butuh tambahan daya gedor, Enrique memainkan winger AC Milan yang tengh on fire yakni Suso pada menit ke-74 untuk menggantikan Saul Niguez.  
 
Usaha Ebrique berbuah manis pada menit ke-78 setelah anak asuhnya mendapat momentum menyamakan kedudukan setelah Sime Vrsaljko melakukan handsball di kotak terlarang. Protes keras dilayangkan penggawa Kroasia namun wasit Alexey Kulbakov tetap teguh dengan keputusannya. 
 
Sergio Ramos yang ditunjuk sebagai algojo, sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan kaki kanan bek Real Madrid itu dari jarak dua belas pas tak bisa diantisipasi kiper Kroasia Lovre Kalinic. 
 
Keajaiban datang untuk Kroasia pada penghujung laga setelah Jedvaj mencetak gol keduanya. Berawal dari sepakan Josip Brekalo yang bisa ditepis De Gea, bola muntah langsung disambar Jedvaj yang sukses merobek gawang Spanyol. 
 
Dengan tambahan tiga poin, Kroasia sementara lolos dari jurang degradasi ke Liga B. Dengan satu laga tersisa, Modric dkk memang masih bercokol di dasar klasemen dengan nilai empat. Poin yang mereka kumpulkan sama dengan Inggris di tangga kedua namun kalah selisih gol. Kedua tim akan saling mengalahkan pada laga pamungkas grup. 
 
Sementara Belgia yang diperkuat sang kapten Eden Hazard usai pulih dari cedera punggung langsung tampil menggebrak sejak awal pertandingan. Sayang, solidnya barisan pertahanan Islandia, membuat Hazard dkk gagal menciptakan gol hingga paruh pertama usai. 
 
Memasuki babak kedua, Setan Merah akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-65. Berawal dari aksi Hazard yang mengirimkan umpan terukur kepada Thomas Meunier. Tanpa pikir panjang, Meunier langsung melepaskan operan ke Michy Batshuayi yang berdiri bebas. Dengan tenang, bomber Valencia itu melesakkan bola ke gawang Islandia. 
 
Sembilan menit jelang waktu normal usai, Batshuayi kembali berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat bola muntah hasil sepakan Hans Venaken, mantan striker Chelsea itu langsung menceploskan si kulit bundar tanpa bisa dihalau kiper Islandia Hannes Thor Hallddorsson. 
 
Bagi Belgia, kemenangan tersebut sekaligus memperpanjang rekor positif mereka melawan Islandia. Dikutip Soccerway, pada 10 laga sebelumnya di semua ajang, Setan Merah selalu bisa memetik kemenangan.  

Editor : Abdul Haris