Kurangi Potensi Penyakit di Otak, FA Larang Anak di Bawah Usia 12 Tahun Menyundul Bola

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 20:05:00 WIB
Kurangi Potensi Penyakit di Otak, FA Larang Anak di Bawah Usia 12 Tahun Menyundul Bola
Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) (Foto: Wiki)

LONDON, iNews.id – Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) melarang anak berusia 6 sampai 11 tahun menyundul bola saat latihan. Langkah tersebut diambil untuk menghentikan potensi risiko penyakit neurodegeneratif, sejenis gangguan pada otak.

Menurut penelitian SHIELD, penyakit tersebut sering didapat oleh atlet sepak bola. Dikutip dari Sport Bible, pengidap punya potensi tiga kali lebih cepat untuk meninggal dunia ketimbang orang biasa.

Karena itu, FA melarang anak-anak menyundul bola karena tengkorak mereka dinilai masih rentan. Diharapkan risiko penyakit ini bisa diminimalisasi.

“Peraturan ini merupakan sebuah evolusi dari kami. FA meminta pelatih dan guru untuk melarang para anak asuhnya menyundul saat latihan. Saya rasa menanduk bola tidak diperlukan untuk sepak bola usia muda,” kata Ketua Eksekutif FA, Mark Bullingham.

“Peraturan ini merupakan sebuah bentuk pertanggungjawaban kami tanpa memengaruhi kenikmatan yang diperoleh anak-anak dari bermain sepak bola,” ujarnya.

Mantan pemain West Bromwich Albion, Jeff Astle meninggal pada 2002 lalu karena ensefalopati traumatis kronis (CTE) yang diduga terjadi karena sering menyundul bola. Setelah itu keluarga Astle gencar melakukan kampanye tentang bahayanya aktivitas tersebut.

Putri Astle senang langkahnya diperhatikan oleh FA. Dia berharap ke depannya tak ada lagi kasus kematian seperti ayahnya.

“Ketika ayah meninggal, mereka mengatakan ingin penelitian lebih lanjut. Sekarang mereka sudah mendapatkannya. Kami mengatakan mereka harus mengambil langkah-langkah awal untuk menghindari paparan otak anak-anak terhadap benturan. Mencegah menyundul dalam pelatihan adalah langkah yang masuk akal,” ujarnya.

Editor : Bagusthira Evan Pratama