Lakoni Debut di Kandang bersama Timnas Indonesia, McMenemy Sempat Grogi

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 16 Juni 2019 - 13:53 WIB
Lakoni Debut di Kandang bersama Timnas Indonesia, McMenemy Sempat Grogi

Pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

JAKARTA, iNews.id – Pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy mengaku sempat grogi saat mengantarkan timnya menang 6-0 atas atas Vanuatu pada laga uji coba FIFA di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (15/6/2019) malam. Pertandingan itu memang menjadi laga kandang pertamanya sejak ditunjuk melatih timnas Indonesia akhir tahun lalu.

Sebelumnya, dia sudah melakoni dua laga uji coba melawan Myanmar dan Yordania tapi berstatus tandang. Karenanya, juru taktik Skotlandia itu merasa canggung ketika melihat riuhnya penonton di SUGBK.

Sebenarnya, McMenemy pernah mencicipi kegilaan suasana stadion termegah di Indonesia itu saat masih menangani timnas Filipina pada semifinal Piala AFF 2010. Kala itu, tim asuhannya kandas 0-1. Namun kini, rasa groginya bertambah karena menjabat sebagai nakhoda tim Garuda.

“Awalnya saya dan Indonesia musuh. Saya masih ingat betapa menakutkannya SUGBK ketika fans sudah berkumpul. 90 ribu orang berada di sini. Mereka melompat-lompat sehingga stadionnya bergemuruh. Saya ingat itu,” kata McMenemy pada konferensi pers usai laga.

“Saat ini saya jadi pelatih Indonesia. Jujur saja saya sangat nervous walau stadion tidak full. Saya tidak sempat memikirkan lawan, hanya memikirkan bagaimana mengatasi rasa nervous. Banyak sekali kenangan di stadion ini,” ujarnya.

Terlepas dari rasa canggung mantan arsitek Bhayangkara FC itu, enam gol kemenangan Indonesia dibukukan Alberto ‘Beto’ Goncalves  pada menit ke-2, 48, 61 dan 65. Sedangkan dua gol lainnya dibuat Evan Dimas (19 dan 74).

Editor : Haryo Jati Waseso