Liga Inggris

Liverpool Bungkam Bournemouth, Tottenham Bantai Burnley

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 23:55 WIB
Liverpool Bungkam Bournemouth, Tottenham Bantai Burnley

Winger Liverpool Mohamed Salah (kanan) dipeluk Andrew Robertson usai mencetak gol ke gawang AFC Bournemouth pada pekan ke-16 Premier League di Vitality Stadium, Sabtu (7/12/2019) malam. (Foto: AFP)

LIVERPOOL, iNews.id – Liverpool membungkam tuan rumah AFC Bournemouth 3-0 di Vitality Stadium pada pekan ke-16 Premier League di, Sabtu (7/12/2019). Di waktu bersamaan, Tottenham Hotspur pesta 5-0 atas Burnley di Tottenham Hotspur Stadium.

Sinyal seremoni Liverpool terlihat saat mereka langsung tampil menyerang sejak pertandingan dimulai. Mereka bahkan sudah mendapat peluang pada menit ketujuh. Namun, tembakan Mohamed Salah masih bisa ditangkap kiper Bournemouth Aaron Ramsdale.

Setelah itu, The Reds beberapa kali membongkar pertahanan Bournemouth. Hanya saja, penyelesaian yang kurang rapi membuat Liverpool mengalami kesulitan untuk menuntaskan serangan dengan sempurna.

Tuan rumah berusaha mengirim serangan balik pada menit ke-26. Setelah mendapat umpan dari Ryan Fraser, Arnaut Groeneveld melepaskan tembakan keras. Sayang, upayanya itu masih belum menemui sasaran dan melebar.

Akhirnya Liverpool memecah kebuntuan pada menit ke-35. Alex Oxlade-Chamberlain sukses mencetak gol usai meneruskan umpan dari Jordan Henderson dan melepaskan tembakan keras menghujam gawang Bournemouth.

Tim asuhan Juergen Klopp itu kemudian berhasil menggandakan keunggulannya pada menit ke-44. Naby Keita menjebol gawang lawan memanfaatkan umpan Salah dan menendang bola untuk mencetak gol. Kejadian itu sekaligus menjadi akhir babak pertama.

Liverpool tak juga menurunkan intensitas serangannya pada babak kedua. Mereka bahkan sukses memperlebar keunggulan pada menit ke-54. Salah berhasil menjebol gawang setelah meneruskan umpan Keita dengan tendangan kerasnya.

Situasi itu membuat lini depan Liverpool semakin bersemangat memperlebar keunggulan. Pada menit ke-69, Salah menembakkan bola ke gawang Bournemouth. Tetapi, upayanya itu dapat dihalau Ramsdale yang tampil apik.

Setelah itu, kedua tim mulai bermain bertahan. Liverpool sendiri menurunkan tempo permainannya dan lebih banyak menahan bola di tengah lapangan. Akibatnya, tidak ada gol tambahan sampai pertandingan berakhir.

Hasil ini membuat Liverpool semakin mantap di puncak klasemen dengan poin 46, unggul 11 angka dari Leicester City di urutan kedua.

Beralih ke London, gol kemenangan Tottenham dibuka oleh Harry Kane, saat laga baru berjalan empat menit. Keunggulan The Lilywhites kemudian berlipat ganda lewat torehan Lucas Moura (9). Son Heung-min juga mencetak gol pada menit ke-32 lewat solo run dari daerah pertahanannya.

Pada babak kedua, Tottenham kembali tampil menekan. Kane mampu mencetak gol keduanya gawang Burnley pada menit ke-54. Kemenangan Tottenham dilengkapi dengan torehan Moussa Sissoko pada menit ke-74.

Editor : Abdul Haris