Liverpool Juara Piala Super Eropa, Klopp: Mari Lanjutkan Kesuksesan Ini

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 15 Agustus 2019 - 09:00 WIB
Liverpool Juara Piala Super Eropa, Klopp: Mari Lanjutkan Kesuksesan Ini

Pelatih Liverpool Juergen Klopp (depan) merayakan sukses timnya juara Piala Super Eropa setelah melibas Chelsea 5-4 via adu penalti di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. (Foto: UEFA)

ISTANBUL, iNews.id – Pelatih Liverpool Juergen Klopp bahagia bisa membawa pulang trofi Piala Super Eropa ke markas mereka di Melwood, Inggris. Prestasi tersebut didapat setelah mereka menaklukkan rival senegara Chelsea 5-4 via adu penalti setelah bermain imbang 2-2 di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. 
 
Bagi The Reds, itu gelar keempat sepanjang sejarah di ajang ini setelah edisi 1977, 2001 dan 2005. Kini, mereka menyamai koleksi Real Madrid (2002, 2014, 2016 dan 2017). Namun jumlah tersebut masih kalah dari Barcelona dan AC Milan yang sudah mengemas lima piala. 
 
Ini juga menjadi malam yang spesial untuk Klopp karena duel tersebut merupakan laga ke-800 sepanjang karier kepelatihannya. Dia juga menjadi pelatih asal Jerman pertama yang berhasil memenangkan Piala Super Eropa. 
 
Selain itu, ini trofi kedua yang dipersembahkan Klopp untuk Liverpool setelah Liga Champions 2018/2019. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu berharap segala catatan positif tersebut bisa terus berlanjut. 
 
“Saya bertanya kepada (James) Milner dan (Jordan) Henderson bagaimana orang-orang melihat trofi ini di Inggris. Mereka mengatakan itu trofi yang tepat ada di dinding Melwood. Kami saat ini harus meletakkan nomor baru di sana,” kata Klopp kepada BT Sport
 
“Itu bagus untuk seluruh penggemar Liverpool. Kami berhasil memenangkan dua trofi dari tiga kesempatan dalam beberapa bulan terakhir. Mari lanjutkan dan temukan cara untuk memenangkan lebih banyak,” ujarnya. 
 
Titel ini juga menjadi obat pelipur lara bagi The Reds yang sebelumnya gagal meraih trofi Community Shield setelah kalah adu penalti 4-5 dari Manchester City setelah bermain imbang 1-1 sampai babak tambahan, Minggu (4/8/2019). 
 
Pada Piala Super Eropa, Chelsea unggul lebih dulu lewat sentuhan Olivier Giroud pada menit ke-36, kemudian disamakan Sadio Mane (48). Di babak tambahan, Liverpool berbalik unggul berkat gol kedua Mane (95) yang bisa disamakan eksekusi penalti Jorginho (101). 
 
Dalam babak tos-tosan, lima algojo Liverpool yaitu Roberto Firimino, Fabinho, Divock Origi, Trent Alexander-Arnold dan Mohamed Salah sukses menyarangkan bola ke gawang Chelsea kawalan Kepa Arrizabalaga. 
 
Sementara empat eksekutor The Blues yang bisa menjalankan tugasnya dengan baik yaitu Jorginho, Ross Barkley, Mason Mount dan Emerson Palmieri. Sayang, eksekutor kelima Tammy Abraham gagal mengeksekusi penalti setelah tendangannya diblok kiper Liverpool, Adrian San Miguel. 


Editor : Abdul Haris