Piala Dunia 2018

Lloris Akui Ketangguhan Stamina Para Pemain Kroasia

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 15 Juli 2018 - 18:04 WIB
Lloris Akui Ketangguhan Stamina Para Pemain Kroasia

Kiper sekaligus kapten timnas Prancis Hugo Lloris. (Foto: Getty Images)

MOSKOW, iNews.id – Kiper tim nasional Prancis Hugo Lloris mengakui stamina para pemain Kroasia sangat luar biasa. Ujaran tersebut keluar dari mulutnya jelang kedua tim bentrok pada final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

Prancis mengarungi fase gugur Piala Dunia tahun ini melawan Argentina, Uruguay dan Belgia. Dari keseluruhan laga tersebut, Les Bleus selalu keluar sebagai pemenang dalam waktu 2x45 menit.

Berbeda dengan Kroasia. Tim berjuluk Vatreni itu selalu melalui fase knock-out dengan babak tambahan waktu. Bahkan di babak 16 besar melawan Denmark dan perempat final kontra tuan rumah Rusia, Kroasia harus menang lewat adu penalti.

Dari situasi tersebut, Lloris menyimpulkan skuat asuhan Zlatko Dalic itu memiliki staminan yang luar biasa. Kiper Tottenham Hotspur itu mewaspadai jika laga final nanti berlanjut ke babak tambahan atau adu penalti.

Sebab dua tahun lalu, di Piala Eropa 2016, Prancis kalah 0-1 dari Portugal setelah mengarungi babak tambahan. Kemudian pada edisi final Piala Dunia 2006, Les Bleus juga kandas setelah mengarungi babak adu penalti melawan Italia.

“Jelas Kroasia tim tangguh. Setiap tim yang memenangkan tiga pertandingan beruntun setelah babak tambahan pasti memiliki sesuatu yang luar biasa. Kami tahu mereka memiliki banyak pemain dengan kualitas nyata. Jadi kami harus siap untuk itu semua,” kata Lloris dikutip Marca.

Lloris juga percaya, timnya bisa mengatasi ketangguhan Kroasia. Menurutnya, kunci untuk memenangkan pertandingan nanti adalah ketenangan untuk mencetak gol dan mempertahankan keunggulan. Sebab Kroasia juga memiliki statistik selalu tertinggal di fase gugur kemudian comeback dan memenangkan pertandingan.

“Kami tahu apa yang harus dilakukan dan tim ini sangat tenang. Ketika kami mengalahkan Belgia di semifinal, kami bisa menjaga kekompakan meski sudah unggul. Kami memiliki energi positif yang luar biasa untuk berkonsentrasi. Kami harus menikmati ini dan tersenyum karena sepak bola adalah suatu yang unik,” ujarnya.

Lloris tampil apik pada Piala Dunia tahun ini. Sejauh ini dia baru kebobolan empat gol dari enam laga yang sudah dilakoni. Penjaga gawang berpostur 188cm itu juga bisa menggagalkan tujuh tembakan tepat sasaran terakhir yang dikirimkan para lawannya.

Editor : Achmad Syukron Fadillah