Loew Pastikan Tak Akan Pernah Panggil Oezil Lagi ke Timnas Jerman

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 06 September 2018 - 06:35 WIB
Loew Pastikan Tak Akan Pernah Panggil Oezil Lagi ke Timnas Jerman

Mesut Oezil (kiri) dan Joachim Loew (kanan). (Foto: rtl.de)

BERLIN, iNews.id - Keputusan Mesut Oezil pensiun dari tim nasional Jerman terkait masalah rasisme membuat Pelatih Die Nationalmanschaaft Juergen Loew membuat keputusan. Sang pembesut menegaskan tak ada kemungkinan pemain Arsenal itu akan kembali dipanggilnya.

Oezil memutuskan tak akan lagi membela timnas Jerman, setelah kritik yang menderanya karena berfoto dengan Presiden Turki Recep Erdogan. Oezil merasa petinggi Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) ada dibelakang kritikan yang bernada rasis itu.

Sedangkan Loew mengaku Oezil tak berkonsultasi kepadanya perihal keputusan tersebut. Padahal, pelatih berusia 58 tahun ituselalu percaya kepada mantan pemain Real Madrid itu. Keputusan Oezil membuat Loew menetapkan sikapnya.

“Saya pikir semua telah dikatakan tentang ini. Ketika seorang pemain mengumumkan keputusannya mundur, Anda tak akan memanggilnya ke skuat 8 atau 9 pekan kemudian,” ujar Loew dilansir Sky Sports.

“Pemain yang sudah pensiun, tak akan memiliki peran untuk bermain lagi di masa depan. Dia mengatakan tak ingin lagi bermain. Dia mengungkapkan pemikirannya dan saya tak tahu kenapa kita masih harus membicarakannya,” ucap mantan asisten Juergen Klinsmann itu.

Loew dan Oezil bekerja sama ketika timnas Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014. Dia pun tetap memberikan tempat untuk mantan pemain didikan Schalke itu di Piala Dunia 2018, meski kritikan tentang inkonsistensi terus mendera Oezil.

Itu sebabnya, ketika Oezil memutuskan pensiun, Loew mencoba menghubunginya. Namun, pemain yang memiliki darah Turki itu tak pernah memberikan timbal balik yang diinginkannya.

“Mesut dan saya menikmati kesuksesan bersama selama beberapa tahun terakhir. Saya telah mencoba menggapainya dengan telepon beberapa kali, tapi tak pernah berhasil. Saya akan tetap akan mencoba menghubunginya di masa mendatang,” katanya.

Oezil telah membela timnas Jerman sejak 2009. Dia pun telah membukukan 92 penampilan dan membuat 23 gol untuk negaranya. Memberikan posisi ketiga untuk Jerman di Piala Dunia 2010, 4 tahun kemudian dia turut serta membawa negaranya menjadi juara.

Sayang, Jerman gagal total di Piala Dunia 2018 setelah menjadi juru kunci Grup F. Kini Manuel Neuer dkk, akan menghadapi Prancis di Allianz Arena, Jumat (7/9/2018) dini hari WIB pada ajang UEFA Nations League.


Editor : Haryo Jati Waseso