Liga Champions

Manchester United Tertantang Taklukkan Keangkeran Camp Nou

Reynaldi Hermawan · Selasa, 16 April 2019 - 07:58 WIB
Manchester United Tertantang Taklukkan Keangkeran Camp Nou

Kiper Manchester United David de Gea. (Foto: LLUIS GENE/AFP)

BARCELONA, iNews.id – Manchester United (MU) tertantang menaklukkan keangkeran markas Barcelona, Camp Nou saat kedua tim bentrok pada leg kedua perempat final Liga Champions, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB.

Saat ini, skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu tengah tertekan setelah pada pertemuan pertama kalah 0-1 di Old Trafford. Secara matematis, mereka minimal harus menang 2-0 guna mengamankan tiket semifinal.

Tapi, mengalahkan Lionel Messi dkk di Katalan bukan perkara mudah. Dilansir Marca, mereka tidak pernah takluk di rumah sendiri dalam 30 pertandingan terakhir Liga Champions (27 menang dan 3 kali imbang).

Tim terakhir yang bisa mengalahkan Blaugrana di Camp Nou adalah Bayern Muenchen pada semifinal edisi 2012/2013 dengan skor mencolok 0-3. Artinya, Barca sudah enam tahun tak pernah merasakan kekalahan.

Selain itu, skuat asuhan Ernesto Valverde itu juga produktif mencetak gol dan solid dalam bertahan. Buktinya, dari 30 pertandingan tersebut, mereka bisa mencetak 93 gol dan hanya kebobolan 15 kali. Mereka juga selalu tampil superior dengan menguasai bola rata-rata 64 persen.

Dalam periode tersebut, Messi memainkan peran utama. Pemain terbaik dunia lima kali itu bermain pada 26 dari 30 pertandingan tersebut dan mencetak 31 gol dan 11 assist. Bukan tidak mungkin dia akan melanjutkan ketajamannya ke gawang The Red Devils dini hari nanti.

Meski Camp Nou sangat angker, Kiper MU David De Gea tidak gentar karena tidak ada yang mustahil dalam sepak bola. Mantan penjaga gawang Atletico Madrid itu optimistis timnya bisa meraih hasil positif di sana.

“Bagi kami, ini sebuah tantangan besar. Bermain di Spanyol, melawan Barca di Liga Champions. Jadi ini akan menjadi pertandingan yang luar biasa. Kami akan berusaha untuk berjuang dan memenangkan pertandingan walau sulit,” kata De Gea kepada BBC.

Jika ingin menumbangkan Barca, The Red Devils tentu harus bermain lebih efektif dan tidak mengulangi kesalahan pada pertemuan pertama. Kala itu, pasukan Solskjaer bisa membuat 10 peluang mengancam tapi tidak ada yang tepat sasaran.


Editor : Haryo Jati Waseso