Marak Kasus Pengaturan Skor, Sekjen PSSI Klaim FIFA Beri Penghargaan

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 24 Januari 2019 - 22:56:00 WIB
Marak Kasus Pengaturan Skor, Sekjen PSSI Klaim FIFA Beri Penghargaan
Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria. (Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

JAKARTA, iNews.id - Kasus pengaturan skor yang kini marak terjadi telah mencoreng wajah sepak bola Indonesia. Namun, Persatuan Sepak Bola Seluruh (PSSI) malah mendapat penghargaan dari FIFA sebagai organisasi percontohan bidang pengembangan.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria. Menurutnya, PSSI mendapat penghargaan oleh FIFA karena telah melakukan koordinasi mengenai adanya persoalan pengaturan skor sejak 2017 lalu.

“Pasti sejak awal di 2017, ketika saya jadi sekjen yang pertama dilakukan adalah memerangi match fixing, dan FIFA sudah laporkan hal itu. Oleh karenanya, November 2018 menganugerahi PSSI sebagai satu dari dua federasi terbaik untuk percontohan di bidang pengembangan sepak bola,” katanya di Polda Metro Jaya, Kamis (24/1/2019).

“Bisa dicek di website FIFA, bahwa FIFA aknowledge mengenai hal ini dan kami diundang di Doha secara spesial, November 2018 kemarin,” tutur wanita berusia 33 tahun tersebut.

Keadaan ini tentu sebuah ironi, mengingat sejak dibentuknya Satgas Anti-Mafia Bola Polri, sebanyak 338 laporan terkait pengatur skor di Liga 2 dan Liga 3 telah mereka terima. Lalu, ada 73 laporan dilakukan investigasi dan empat di antaranya tengah ditangani.

Dari empat laporan tersebut, 2 laporan telah menjerat 11 orang sebagai tersangka. Beberapa di antaranya bahkan orang-orang yang memiliki posisi di tubuh PSSI.

Para pelaku dijerat dengan dugaan tindak pidana penipuan, penggelapan, tindak pidana suap, dan tindak pidana pencucian uang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP, dan Pasal 372 KUHP, dan/atau UU Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap, serta Pasal 3, 4, 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Editor : Haryo Jati Waseso

Bagikan Artikel: