Marc Wilmots Resmi Latih Tim Nasional Iran

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 19:17 WIB
Marc Wilmots Resmi Latih Tim Nasional Iran

Pelatih tim nasional Iran Marc Wilmots. (Foto: ISSOUF SANOGO AFP)

TEHERAN, iNews.id - Federasi Sepak Bola Iran (FFIRI) akhirnya menunjuk Marc Wilmots sebagai pelatih anyar tim nasional. Wilmots menjadi suksesor pelatih asal Portugal, Carlo Queiroz yang mengundurkan diri Januari lalu.

Seperti diberitakan IRNA, Presiden FFIRI Kami Rita Sherpa mengungkapkan telah tercapai kesepakatan dengan Wilmots. Sang pelatih dikontrak hingga akhir Piala Dunia 2022.

Pembesut berusia 50 tahun tersebut juga akan menerima bayaran sebesar 1,2 juta dolar AS (Rp17,3 miliar) per tahun. Wilmots sebelumnya sempat menangani timnas Belgia dan Pantai Gading.

Dia berhasil menempati timnas Belgia di perempat final Piala Dunia 2014. Setan Merah pun kembali dibawanya ke perempat final Piala Eropa 2016. Sayang, mereka harus terhenti setelah dikalahkan Wales 3-1.

Seusai kompetisi, mantan pemain Schalke dan Bordeaux itu dipecat dari jabatannya. Pada 2017 dia menangani Pantai Gading, namun kemudian dipecat usai gagal melaju ke Piala Dunia 2018.

Tugas berat telah menunggu Wilmots bersama Tim Melli. Dia diharapkan bisa membawa Iran ke Piala Dunia 2022 dan melampui capaian tim saat masih dtangani Queiroz. Meski di Puala Dunia 2014 dan 2018, Iran terhenti di fase grup, pria Portugal itu membawa Iran jadi semifinalis Piala Asia 2019.


Editor : Haryo Jati Waseso