Liga Inggris

Masuk ke Dalam Lapangan, FA Mendakwa Klopp Lakukan Pelanggaran

Haryo Jati Waseso ยท Selasa, 04 Desember 2018 - 07:13:00 WIB
Masuk ke Dalam Lapangan, FA Mendakwa Klopp Lakukan Pelanggaran
Pelatih Liverpool Juergen Klopp. (Foto: Oli SCARFF/AFP)

LIVERPOOL, iNews.id - Pelatih Liverpool Juergen Klopp akhirnya didakwa telah melakukan pelanggaran oleh otoritas sepak bola Inggris (FA) karena masuk ke dalam lapangan, setelah selebrasi berlebihan saat timnya mengalahkan Everton 1-0, Minggu (2/12/2018) malam, di Anfield.

Ketika itu, Klopp berlari ke dalam lapangan seusai Divock Origi mencetak gol kemenangan di masa injury time. Pada laga tersebut Wasit Chris Kavanagh tak memberikannya hukuman, tapi FA memutuskan sebaliknya.

Pihak FA pun memberikan waktu hingga Kamis (6/12/2018) untuk Klopp meresponnya. Hukuman untuknya pun tergantung seberapa besar kesalahan yang dilakukan pelatih asal Jerman itu. Dia bisa hanya mendapatkan peringatan, denda, bahkan hukuman larangan mendampingi tim.

“Juergen Klopp didakwa telah melakukan pelanggaran atas ulahnya di menit ke-96, ketika Liverpool mengalahkan Everton kemarin. Dia memiliki waktu hingga pukul 6, pada 6 Desember untuk merespon dakwaan itu,” bunyi pernyataan FA dikutip The Guardian.

Laga itu memang sarat akan gengsi, karena menentukan siapa tim terbaik di Merseyside. Pertandingan pun berjalan cukup ketat, sehingga Klopp secara emosional langsung masuk lapangan dan memeluk Kiper The Reds Alisson setelah Origi membuat gol.

Klopp pun mengakui kesalahannya, dan meminta maaf. Pelatih Everton Marco Silva menegaskan dirinya bisa memaklumi ulah Klopp, bahkan dia mengatakan mungkin saja melakukan hal yang sama jika timnya yang membuat gol.

Opini terhadap apa yang dilakukan mantan pembesut Borussia Dortmund itu pun terbagi dua. Ada yang bisa memakluminya, dan ada yang merasa bahwa Klopp tak menghormati Everton sebagai lawan.

Editor : Haryo Jati Waseso